PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI SMA/MA KELAS XII PADA KOMPETENSI DASAR POLA KERUANGAN DESA DAN KOTA DENGAN MODEL DICK AND CAREY

Main Article Content

Onik Farida Ni’matullah

Abstract

Orientasi penyediaan buku teks di berbagai sekolah di Indonesia saat ini, terutama buku teks
Geografi, hanya difokuskan pada segi kuantitas. Fakta menunjukkan bahwa penyediaan buku
penunjang pembelajaran Geografi di sekolah hanya mempertimbangkan segi proporsi jumlah
siswa dengan jumlah buku yang tersedia. Dari segi kualitas, masih banyak materi pada buku
pelajaran Geografi yang sebenarnya menunjukan kelemahan yang mendasar: pertama, teks
Geografi â€Âmengabaikan†aspek kebenaran bahasa, fakta/data, konsep, generalisasi, kebenaran
penyajian gambar. Hasil validasi pada ahli materi pelajaran, bahan ajar berada dalam kategori baik
(71%). Hasil uji coba pada ahli rancangan pembelajaran, bahan ajar berada dalam kategori baik
(71%). Hasil uji coba ahli bahasa berada dalam kategori sangat baik (91%), tetapi masih ada
beberapa kesalahan pengetikan dan pemenggalan kata. Hasil uji coba lapangan pada siswa, bahan
ajar berada dalam kategori baik (80%), sedangkan hasil uji coba lapangan pada guru, bahan ajar
berada dalam kategori baik (82%). Pengembangan selanjutnya disarankan, yaitu: (a)
pengembangan bahan ajar Geografi tidak terbatas hanya pada kelas XII semester dua pada
kompetensi dasar menganalisis pola keruangan desa dan kota. Untuk menghasilkan produk bahan
ajar secara utuh sebaiknya dikembangkan untuk dua semester (semester satu dan semester dua),
(b) uji coba bahan ajar ini terbatas di Kota Malang. Untuk menghasilkan bahan ajar yang berlaku
secara nasional sebaiknya dilakukan uji coba lapangan dengan mengambil sampel yang diperluas
di wilayah Indonesia.

Kata Kunci: bahan ajar Geografi.

Article Details

How to Cite
Ni’matullah, O. F. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI SMA/MA KELAS XII PADA KOMPETENSI DASAR POLA KERUANGAN DESA DAN KOTA DENGAN MODEL DICK AND CAREY. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 670–676. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.802
Section
Articles