DAMPAK PBL TERHADAP KERJA ILMIAH MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Main Article Content

Sudi Dul Aji
Muhammad Nur Hudha

Abstract

Kerja ilmiah pada Fisika perlu dikembangkan mahasiswa ketika proses pembelajaran. Kerja
ilmiah terdiri dari keterampilan hands-on dan minds-on. Kemampuan kerja ilmiah ini tidak
datang secara otomatis tetapi perlu latihan. Salah satu pembelajaran yang cocok dalam
melatihkan kerja ilmiah tersebut adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kerja ilmiah mahasiswa setelah melalui pembelajaran
Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif deskriptif pada
mata kuliah pengembangan media pembelajaran. Data penelitian ini berupa pemaparan kerja
ilmiah dan pelaksanaan pembelajaran diambil melalui observasi langsung dan disajikan secara
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja ilmiah mahasiswa yang dilatihkan dan
proporsi mahasiswa yang bisa mencapai kualitas baik adalah menggunakan alat dan bahan
(75%), mengumpulkan data (69%), menganalisis data (61%), menyimpulkan (79%), dan
mengkomunikasikan hasil diskusi (81%).

Kata Kunci: Kerja Ilmiah; Problem Based Learning

Article Details

How to Cite
Aji, S. D., & Hudha, M. N. (2015). DAMPAK PBL TERHADAP KERJA ILMIAH MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 708–714. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.808
Section
Articles