EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFULL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR-DASAR DESAIN PADA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN DKV SMK NEGERI PACITAN

Main Article Content

Mardiyah Mardiyah

Abstract

Abstrak

Mata pelajaran Dasar-dasar Desain mempelajari tentang konsep, proses, apresiasi, analisis, realisasi, dan evaluasi desain dalam pengembangan karya seni rupa dan kriya secara konstruktif dan kreatif.Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi dasar-dasar desain pada Siswa Kelas X Paket Keahlian DKV SMK Negeri  Pacitan, semester gasal Tahun pelajaran 2014/2015. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dasar-dasar desain pada paket keahlian DKV (2) Mengetahui  efektifitas pembelajaran berbasis Joyfulll Learning dalam meningkatkan kompetensi dasar-dasar desain pada siswa kelas X paket keahlian DKV SMK Negeri  Pacitan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari empat pertemuan, demikian pula halnya dengan Siklus II. Data hasil penelitian diperoleh melalui praktek menggambardasar-dasar desain yang meliputi desain 2 dan 3 dimensi serta lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan bahwa dari jumlah 27 siswa  yang sudah memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal/KKM 80 baru sejumlah 7 siswa atau 35 % dari ketercapaian hasil pembelajaran.  Rata-rata nilai pada evaluasi formatif tersebut adalah 76,6.Data obeserver diperoleh skor 3,32 yang termasuk dalam katagori Baik.Hasil penelitian Pembelajaran berbasis Joyfulll Learning pada siklus 2 diperoleh data dari jumlah 27 siswa seluruhnya sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Rata-rata nilai pada evaluasi formatif tersebut adalah 83,2. Data obeserver diperoleh skor 3,91 yang termasuk dalam katagori Sangat Baik.Berdasarkanhasil penelitian maka hipotesis yang menyatakan bahwa Pembelajaran Berbasis Joyfulll Learning sangat efektif dalam meningkatkan  meningkatkan kompetensi dasar-dasar desain pada siswa kelas X paket keahlian DKV SMK Negeri1 Pacitan terbukti kebenarannya sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.

 

Kata Kunci:Efektifitas, Kompetensi, Desain.

Article Details

How to Cite
Mardiyah, M. (2016). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFULL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR-DASAR DESAIN PADA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN DKV SMK NEGERI PACITAN. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 755–763. https://doi.org/10.21067/jip.v6i1.957
Section
Articles