Penerapan Augmented Reality Sebagai Alternatif Media Pembelajaran

Hendra Pradibta, Budi Harijanto, Dimas Wahyu Wibowo

Abstract


Pendidikan dan pengajaran merupakan salah satu aspek yang banyak bersinggungan dengan teknologi.Namun hal ini bertolak belakang dengan kenyataan yang ada, dimana sebagian besar materi pembelajaran masih berbasis teks.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran dengan menerapkan teknologi Augmented Reality.Augmented Reality (AR) merupakan sebuah aplikasi yang dapat menggabungkan objek virtual berupa teks, gambar, dan animasi kedalam dunia nyata.

Pengembangan aplikasi Augmented Realitymemanfaatkan Aurasma Web Based Studio, dengan materi pembelajaran doa harian anak. Pembuatan karakter dan animasi menggunakan aplikasi Adobe Illustrator dan Adobe After Effects.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknologi Augmented Realitydapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik.Hal ini dikarenakan terdapat konten Augmented Realityberbentuk animasi yang memotivasi pengguna untuk menggunakan media pembelajaran tersebut.

 

Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Aurasma


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Online : 2476-9754
SMARTICS Journal 
Kanjuruhan University of Malang
copyright © Kanjuruhan University of Malang - 2015-2017