KEPUASAN PENGGUNA MEDIA APLIKASI INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DI UNIVERSITAS MAJALENGKA

Ii Sopiandi

Abstract


Keberhasilan sebuah Perguruan Tinggi di Fakultas Teknik salah satunya ditentukan oleh fasilitas dan kualitas media pembelajaran baik secara Hardwere ataupun Softwere dan Dosennya yang bermutu. Melihat perilaku mahasiswa dizaman modern sekarang tidak dipungkiri diperlukan Terobosan baru dalam segi pembelajaran. Media aplikasi Interaktif E-Lerarning untuk Skala Universitas ini hadir untuk menjembatani itu semua, antara Dosen dengan mahasiswa, yang diharapkan agar mahasiswa bisa lebih terbantu dan lebih efektif dalam pembelajaran karena setiap mahasiswa bisa mengakses materi dan tugasnya jika mahasiswa terjadi halangaan diakibatkan sakit atau keperluan jadi tidak tertinggal dari teman-temannya. Model pengembangan Sistem pada penelitian ini menggunakan pengembangan sistem Extreme Programming (XP) salah satunya mengembangkan perangkat lunak lebih sederhana dan bisa diterima oleh pengguna yang lain. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama meliputi Pengembangan dan Implementasi e-learning dan tahap kedua meliputi pengukuran, evaluasi berupa pembuatan model dan instrumen pengukuran. Adapun model dan instrumen pengukuran pada penelitian ini didasarkan pada model Customer Information Satisfaction (CIS), di mana setelah dilakukan pemilihan dan pengujian diperoleh 5 dimensi pengukuran yaitu customer service, security, ease of use, information content, dan innovation. Selanjutnya, berdasarkan 5 dimensi ini disusun instrumen pengukuran yang terdiri dari 14 butir ditambah satu butir yang mengukur kepuasan pengguna secara keseluruhan. Sedangkan survey dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke semua program studi secara proposional tergantung jumlah mahasiswa aktif tahun akademik berjalan

Keywords


E-Lerarning; Extreme Programming (XP); Customer Information Satisfaction (CIS)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SMARTICS Journal

Universitas Kanjuruhan Malang E-Journal © 2014-2017

Powered by Open Journal System 2.4.3.0