Software Kunjungan Mahram Santri Berbasis Qr -Code dan Private Question

Main Article Content

Ahmad Zakiyuddin
Muhammad Andik Izzuddin
Faris Mushlihul Amin

Abstract

Kunjungan mahram santri merupakan kegiatan rutin yang ada di lingkungan pesantren. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada walisantri, pesantren dapat memanfaatkan teknologi informasi yang inovatif.  Banyak sekali alat yang sudah ditemukan untuk memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya adalah quick response code (QR code). QR code adalah salah satu kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dibuat untuk mempermudah alat pemindai untuk menyampaikan respon dengan cepat dan menerima data dengan cepat pula. Didalam penelitian ini QR code dimanfaatkan untuk pengelolahan data kunjung mahram santri dalam proses kunjungan di pesantren, private question merupakan salah satu fitur kode verifikasi yang dapat menyimpan sebuah data pribadi seorang user, hal ini penulis memanfaatkan private question  sebagai alat verifikasi mahram santri dalam proses kunjungan guna meningkatkan kualitas pelayanan mahram santri berkunjung di pesantren. Penelitian ini bertujuan, mengusulkan suatu aplikasi sistem menggunakan QR code dan private question untuk mengetahui sistem kerja QR code pada kartu identitas mahram sebagai pengelolahan data aktivitas kunjungan mahram santri. Komponen utama dalam sistem ini adalah webcam sebagai alat scanner pembaca  QR code yang akan diisi primary key dari data santri dan private question. Untuk menjalankan aplikasi ini dirancang dengan bahasa pemograman hypertext prepocessor (PHP) dan MYSQL untuk pembuatan database.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Zakiyuddin, M. Izzuddin, and F. Amin, “Software Kunjungan Mahram Santri Berbasis Qr -Code dan Private Question”, SMARTICS, vol. 5, no. 2, pp. 60 - 66, Oct. 2019.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.