Implementasi Alat Pendeteksi Kadar Air pada Bahan Pangan Berbasis Internet Of Things

Main Article Content

Tri Ferga Prasetyo
Abghi Firas Isdiana
Harun Sujadi

Abstract

Kadar air adalah sejumlah air yang terkandung di dalam suatu benda, seperti tanah, bahan pertanian, dan sebagainya. Penentuan kadar air dari suatu bahan pangan sangat penting agar dalam proses pengolahan maupun pendistribusian mendapat penanganan yang tepat. Karena jika terjadi penanganan yang tidak tepat dalam pengolahan dan penentuan kadar air yang salah maka akan terjadi kerusakan pada pangan yang dapat membahayakan dalam kesehatan. Oleh karena itu pengukuran jumlah kadar air dalam bahan pangan itu penting. Alat pengukur jumlah kadar air berbasis android ini merupakan suatu alat yang memberikan informasi kadar air dalam pangan yang berbasis Internet of Things. Alat ini di kontrol oleh microcontroller Wemos D1 Mini dengan menggunakan sensor soil moisture yang outputnya ditampilkan di LCD dan aplikasi android “Blynk” Menggunakan koneksi. Jumlah kadar air akan ditampilkan dalam LCD dan aplikasi android “Blynk” dengan menghasilkan temperature dalam bentuk celcius dan kelembaban dalam bentuk angka dengan persen dari 0% sampai 100% , sehingga kita dapat melihat seberapa besar tingkat kadar airnya dengan baik.

Article Details

How to Cite
[1]
T. F. Prasetyo, A. F. Isdiana, and H. Sujadi, “Implementasi Alat Pendeteksi Kadar Air pada Bahan Pangan Berbasis Internet Of Things”, SMARTICS, vol. 5, no. 2, pp. 81 - 96, Oct. 2019.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.