Sistem Pemesanan Parkir Berbasis Mobile

Main Article Content

Uning Lestari
Erfanty Fatkhiyah
Muchamad Rizal Rinaldi

Abstract

Penggunaan  ICT (Information Communication Technology) diberbagai bidang telah berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah di bidang layanan perparkiran. Seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang semakin pesat, menyebabkan pertumbuhan yang tidak seimbang antara jumlah kendaraan dengan lahan yang tersedia, hal ini terlihat semakin sempitnya lahan-lahan parkir di setiap tempat-tempat umum. Hal tersebut tersebut menyebabkan pengendara sulit menemukan tempat parkir atau untuk mengetahui ketersediaan ruang parkir (slot parkir) di suatu lahan parkir. Hal tersebut menyebabkan waktu yang tidak efektif  karena pengendara memerlukan waktu yang lama untuk mencari lahan parkir yang masih kosong, sehingga kondisi jalan menjadi semrawut dan tak jarang hal ini menimbulkan kemacetan di jalan-jalan utama. Oleh karena itu informasi tentang ketersediaan ruang parkir menjadi sangat penting bagi pengendara yang akan memarkirkan kendaraannya. Pada aplikasi sistem pemesanan parkir berbasis mobile ini dilengkapi dengan fitur-fitur peta lokasi lahan parkir, informasi ketersediaan slot parkir yaitu Tersedia, Dipesan dan Terisi, pemesanan slot parkir dan fitur untuk administrator parkir yang meliputi monitoring status ketersediaan slot parkir. Dengan adanya sistem aplikasi ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan parkir konvensional menjadi sistem parkir yang lebih efektif dan efesien dan menguntungkan banyak pihak yaitu dari pihak pengendara, pengelola parkir dan pengguna jalan yang lain.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Lestari, E. Fatkhiyah, and M. R. Rinaldi, “Sistem Pemesanan Parkir Berbasis Mobile”, SMARTICS, vol. 5, no. 2, pp. 75 - 80, Oct. 2019.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.