UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PEER TUTORIAL
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.4118Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Peer tutorial, Motivasi Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan, motivasi belajar siswa masih sangat rendah sehingga prestasi belajar yang diperoleh siswa SMP Negeri 23 Malang Tahun Ajaran 20 16/2017, pada mata pelajaran IPA menjadi sangat rendah pula. Rata-rata ketuntasan berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 68.51. Sedangkan nilai KKM maka yang dipakai di SMP Negeri 23 Malang adalah 75. Dilihat dan persyaratan ketuntasan tersebut siswa yang mencapai KKM untuk kelas VIII 3 hanya 13 siswa dan 33 siswa atau 37,17%. Dengan demikian peneliti akan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis peer tutorial untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII 3 SMP Negeni 23 Malang dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis peer tutorial subyek penelitian mi adalah siswa kelas VIII 3 SMP Negeni 23 Malang yang berjumlah 35 siswa. Penelitian mi menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua sikius dengan tahapan-tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada sikius I adalah 78,35% berada pada kategori baik dan pada sikius II adalah 93,75% berada pada kategori sangat baik. Sedangkan untuk presentase motivasi belajar siswa path sikius I adalah 65,38% berada pada kategori cukup baik dan pada siklus I adalah 82.04% berada pada kategori baik. Dan presentase prestasi belajar siswa path siklus I adalah 65,71% dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,51% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran inquiri terbimbing berberbasis peer tutorial dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
References
Amri, S. dan Ahmadi K.I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Arikunto. 1992. Pengelolaan Kelas Dan Siswa. Jakarta: Rajawali.
Asep Jihad dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press
Asminah. DR. 2010. Pembelajaran Fisika Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Training Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Aktivitas Siswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahari dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Harsanto, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Kanisius (Anggota IKAPI): Yogyakarta.
Hidayati. 2004. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Universitas Yogyakarta.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Belajar
Hisyam, Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Mujinem, Pengembangan Pendidikan IPS SD
Patrick, H., Mantzicopoulos, P,. & Samarapungavan, A. 2009. Motivation for learning science in kindergarten: is there a gender gap and does intergrated inquiri and literacy instruction make a difference. Journal Of Research In Science Teaching, 46, 166-191.
Permono, Ahmadi. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Multi Pressindo
Ratno Harsono. 2007. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius
Sagala, Syaful. 2004. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfa Beta
Sanjaya, Wina. 200. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Silberman, Melvin. 2001. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yappendi
Sumiati & Sutikno. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Suparno, P. 2010. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta. Universitas Sanata Yogyakarta
Supriyadi. 2010. Teknologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: MIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara,
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wahyudin & Sutikno. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Fisika Indonesia 6:58-62
Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi