Desain Prototipe User Interface Dan User Experiance Mobile App Kuysedekah.Id
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.4195Keywords:
user experiance, design thinking, design review, usability, masjidAbstract
Masjid membutuhkan sedekah atau infaq dari lingkungan sekitar untuk membiayai pembangunan dan perawatannya. Karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, negara ini memiliki banyak sekali masjid dan rumah ibadah lainnya. Latar belakang artikel ini adalah beberapa organisasi masyarakat yang melakukan penggalangan dana secara langsung di jalanan. Jenis penggalangan dana ini merupakan cara yang paling sederhana dan mungkin menjadi pilihan pertama yang akan dilakukan, namun sering kali kegiatan tersebut justru mengganggu mobilitas pengguna jalan, menimbulkan kemacetan, dan mengaburkan dana yang terkumpul. Melihat permasalahan tersebut, peneliti mengajukan solusi kreatif berupa prototipe aplikasi sedekah yang user-friendly dan sesuai dengan keinginan pengguna. Peneliti kemudian menggunakan model pengembangan design thinking untuk mengembangkan desain, sehingga menghasilkan prototipe aplikasi Kuysedekah.id berbasis mobile app. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain prototipe yang baik untuk antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna smartphone (user friendly). Untuk mencapai hal tersebut, peneliti menggunakan model penelitian design thinking dan melibatkan pakar UX untuk mengevaluasi dan menguji prototipe tersebut. Penilaian pakar UX menggunakan design review menghasilkan hasil “very good”, dan pengujian usability menggunakan kuesioner SEQ menghasilkan hasil “mudah digunakan” dan SUS menghasilkan hasil “accapteble”. Artinya prototipe aplikasi Kuysedekah.id buatan peneliti telah mencapai tujuannya, yaitu user experiance, mudah digunakan, dan dapat diterima oleh masyarakat umum.
References
Anon. (2016). User personas for mobile design and development: A winning technique for great UX. Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/article/user-personas-for-mobile-design-and-development-a-winning-technique-for-great-ux
Brooke, J. (2013). SUS - A quick and dirty usability scale. United Kingdom: Sonning.
Churm, T. (2012). An introduction to website usability testing. Usability Geek. https://usabilitygeek.com/an-introduction-to-website-usability-testing/
DosenSosiologi.com. (2018). Pengertian kuesioner, jenis, dan contohnya lengkap. https://www.dosensosiologi.com/pengertian-kuesioner-jenis-dan-contohnya-lengkap/
Esposito, E. (2018). Low fidelity vs high fidelity. InVision. https://www.invisionapp.com/inside-design/low-fi-vs-hi-fi-prototyping/
Ghazali, M. (2016). Pengujian Usability User Interface dan User Experience Aplikasi E-Reader Skripsi Berbasis Hypertext. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, http://jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/ article/view/153/128. .
Ghazali, M. (2016). Pengujian usability user interface dan user experience aplikasi e-reader skripsi berbasis hypertext. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 3(2), 153–160. http://jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/153/128
Gibbons, S. (2016). Design thinking 101. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/design-thinking/
Hall, S. H. (2019). How to design a user flow diagram for your website. OptinMonster. https://optinmonster.com/how-to-design-a-user-flow-diagram-for-your-website/
Harley, A. (2018a). UX expert reviews. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/ux-expert-reviews/
Harley, A. (2018b). What is a design review? Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/ux-expert-reviews/
Hidayat, A. (2012). Uji validitas instrumen dengan Excel. Statistikian. https://www.statistikian.com/2012/08/uji-validitas-instrumen-dengan-excel.html
Isherwood, M. (2020). Competitor analysis. UX Design Templates. https://uxdesigntemplates.com/evidence/method/competitor-analysis
K3LH. (2016). Usabilitas menurut ISO 9241. Ergonomi Fit. http://ergonomifit.blogspot.co.id/2011/05/usabilitas-menurut-iso-9241_16.html
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to usability. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/
Plattner, H. (2019). Design thinking menurut Stanford. Institute of Design at Stanford University. https://dschool.stanford.edu/resources/getting-started-with-design-thinking
Razi, A. A. (2018). Penerapan metode design thinking pada model perancangan UI/UX aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, 2(1), 75–93.
Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. (2012). Introduction to systems analysis and design: An agile iterative approach (6th ed.). Cengage Learning.
Sauro, J. (2012a). 10 things to know about the single ease question (SEQ). MeasuringU. https://measuringu.com/seq10/
Sauro, J. (2012b). Can you use the SUS for websites? MeasuringU. https://measuringu.com/sus-websites/
Setiawan, I. (2014). Sekilas tentang user experience. Intraktive. http://intraktive.com/article/99-sekilastentang-user-experience
Soedarso. (2019). Pengertian ilustrasi: Fungsi, tujuan, jenis dan contoh. Jagad.id. https://jagad.id/pengertian-ilustrasi-fungsi-tujuan-jenis-dan-contoh/
Stud, L., University of Winnipeg, & Canada. (2006). Impact of color on marketing. Management Decision, 44(6), 783–789. https://www.emeraldinsight.com/doi/pdfplus/10.1108/00251740610673332
Tristiaratri, A. (2018). Perbandingan user interface aplikasi mobile pemesanan tiket pesawat online dengan design thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(5), 2113–2120.
Zidny, I. (2016). User experience dan user interface. UX Indonesia. http://uxindo.com/user-experience-dan-user-interface/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi