Desain Prototipe User Interface Dan User Experiance Mobile App Kuysedekah.Id

Desain Prototipe User Interface Dan User Experiance Mobile App Kuysedekah.Id

Authors

  • Robbi Tri Murdani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Wahyudi Arianto Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Moh. Ahsan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.4195

Keywords:

user experiance, design thinking, design review, usability, masjid

Abstract

Masjid membutuhkan sedekah atau infaq dari lingkungan sekitar untuk membiayai pembangunan dan perawatannya. Karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, negara ini memiliki banyak sekali masjid dan rumah ibadah lainnya. Latar belakang artikel ini adalah beberapa organisasi masyarakat yang melakukan penggalangan dana secara langsung di jalanan. Jenis penggalangan dana ini merupakan cara yang paling sederhana dan mungkin menjadi pilihan pertama yang akan dilakukan, namun sering kali kegiatan tersebut justru mengganggu mobilitas pengguna jalan, menimbulkan kemacetan, dan mengaburkan dana yang terkumpul. Melihat permasalahan tersebut, peneliti mengajukan solusi kreatif berupa prototipe aplikasi sedekah yang user-friendly dan sesuai dengan keinginan pengguna. Peneliti kemudian menggunakan model pengembangan design thinking untuk mengembangkan desain, sehingga menghasilkan prototipe aplikasi Kuysedekah.id berbasis mobile app. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain prototipe yang baik untuk antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna smartphone (user friendly). Untuk mencapai hal tersebut, peneliti menggunakan model penelitian design thinking dan melibatkan pakar UX untuk mengevaluasi dan menguji prototipe tersebut. Penilaian pakar UX menggunakan design review menghasilkan hasil “very good”, dan pengujian usability menggunakan kuesioner SEQ menghasilkan hasil “mudah digunakan” dan SUS menghasilkan hasil “accapteble”. Artinya prototipe aplikasi Kuysedekah.id buatan peneliti telah mencapai tujuannya, yaitu user experiance, mudah digunakan, dan dapat diterima oleh masyarakat umum.

References

Anon. (2016). User personas for mobile design and development: A winning technique for great UX. Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/article/user-personas-for-mobile-design-and-development-a-winning-technique-for-great-ux

Brooke, J. (2013). SUS - A quick and dirty usability scale. United Kingdom: Sonning.

Churm, T. (2012). An introduction to website usability testing. Usability Geek. https://usabilitygeek.com/an-introduction-to-website-usability-testing/

DosenSosiologi.com. (2018). Pengertian kuesioner, jenis, dan contohnya lengkap. https://www.dosensosiologi.com/pengertian-kuesioner-jenis-dan-contohnya-lengkap/

Esposito, E. (2018). Low fidelity vs high fidelity. InVision. https://www.invisionapp.com/inside-design/low-fi-vs-hi-fi-prototyping/

Ghazali, M. (2016). Pengujian Usability User Interface dan User Experience Aplikasi E-Reader Skripsi Berbasis Hypertext. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, http://jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/ article/view/153/128. .

Ghazali, M. (2016). Pengujian usability user interface dan user experience aplikasi e-reader skripsi berbasis hypertext. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 3(2), 153–160. http://jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/153/128

Gibbons, S. (2016). Design thinking 101. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/design-thinking/

Hall, S. H. (2019). How to design a user flow diagram for your website. OptinMonster. https://optinmonster.com/how-to-design-a-user-flow-diagram-for-your-website/

Harley, A. (2018a). UX expert reviews. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/ux-expert-reviews/

Harley, A. (2018b). What is a design review? Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/ux-expert-reviews/

Hidayat, A. (2012). Uji validitas instrumen dengan Excel. Statistikian. https://www.statistikian.com/2012/08/uji-validitas-instrumen-dengan-excel.html

Isherwood, M. (2020). Competitor analysis. UX Design Templates. https://uxdesigntemplates.com/evidence/method/competitor-analysis

K3LH. (2016). Usabilitas menurut ISO 9241. Ergonomi Fit. http://ergonomifit.blogspot.co.id/2011/05/usabilitas-menurut-iso-9241_16.html

Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to usability. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/

Plattner, H. (2019). Design thinking menurut Stanford. Institute of Design at Stanford University. https://dschool.stanford.edu/resources/getting-started-with-design-thinking

Razi, A. A. (2018). Penerapan metode design thinking pada model perancangan UI/UX aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, 2(1), 75–93.

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. (2012). Introduction to systems analysis and design: An agile iterative approach (6th ed.). Cengage Learning.

Sauro, J. (2012a). 10 things to know about the single ease question (SEQ). MeasuringU. https://measuringu.com/seq10/

Sauro, J. (2012b). Can you use the SUS for websites? MeasuringU. https://measuringu.com/sus-websites/

Setiawan, I. (2014). Sekilas tentang user experience. Intraktive. http://intraktive.com/article/99-sekilastentang-user-experience

Soedarso. (2019). Pengertian ilustrasi: Fungsi, tujuan, jenis dan contoh. Jagad.id. https://jagad.id/pengertian-ilustrasi-fungsi-tujuan-jenis-dan-contoh/

Stud, L., University of Winnipeg, & Canada. (2006). Impact of color on marketing. Management Decision, 44(6), 783–789. https://www.emeraldinsight.com/doi/pdfplus/10.1108/00251740610673332

Tristiaratri, A. (2018). Perbandingan user interface aplikasi mobile pemesanan tiket pesawat online dengan design thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(5), 2113–2120.

Zidny, I. (2016). User experience dan user interface. UX Indonesia. http://uxindo.com/user-experience-dan-user-interface/

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Murdani, R. T., Arianto, W., & Ahsan, M. (2025). Desain Prototipe User Interface Dan User Experiance Mobile App Kuysedekah.Id. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(4), 358–370. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.4195

Issue

Section

Articles
Loading...