PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN DADU DAN MICROSOFT POWERPOINT

Authors

  • Maria Eustachia Stefani Kewa Koten Universitas Kanjuruhan Malang
  • Sri Hariyani Universitas Kanjuruhan Malang
  • Vivi Suwanti Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4346

Keywords:

pembelajaran kooperatif, talking stick, dadu, power point

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan dadu dan microsoft power point untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMP PGRI 6 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah pembelajaran meliputi: (1) Guru menjelaskan materi dan menampilkan contoh soal melalui power point, (2) Guru membagi peserta didik ke dalam 6 kelompok yang beranggotakan 5 orang dan dua kelompok lainnya beranggotakan 6 orang, (3) Guru menyiapkan tongkat, dadu dan nomor yang digunakan peserta didik, (4) Guru membagikan nomor kepada setiap peserta didik dalam kelompok, (5) Guru menjelaskan aturan model talking stick berbantuan dadu dan microsoft power point, (6) Guru memainkan musik, peserta didik mengoper tongkat, (7) Guru melempar dadu dan menampilkan soal di power point, (8) Peserta didik mengerjakan soal, (8) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh skor tertinggi, dan (9) Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat dari 56,25% pada Pra tindakan menjadi 65,62% pada siklus I dan 81,25% pada siklus II.

 

 

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Koten, M. E. S. K., Hariyani, S., & Suwanti, V. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN DADU DAN MICROSOFT POWERPOINT. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4346

Issue

Section

Articles