PENERAPAN STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE (QSH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.4528Keywords:
Strategi Question Student Have (QSH), prestasi belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran Question Students Have (QSH) yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMPN 2 Karangploso Satu Atap. Prosedur pengambilan data pada penelitian ini meliputi observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah strategi pembelajaran Question Studen Have (QSH) yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika adalah: (1) guru membagikan LKK kepada masing-masing kelompok, (2) guru menyampaikan materi pembelajaran, (3) guru memberikan potongan kertas kepada masing-masing siswa, (4) siswa menuliskan pertanyaan pada potongan kertas, (5) siswa membacakan pertanyaan sampai pertanyaan pada potongan kertas masing-masing siswa terbaca semua, dan (6) guru dan siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata hasil tes siswa pada tindakan I mencapai 70,26 dengan persentase ketuntasan 66,6%. Sedangkan pada tindakan II, nilai rata-rata hasil tes siswa mencapai 82,65 dengan persentase ketuntasan 91,6%. Hasil aktivitas siswa pada tindakan I pertemuan 1 mendapat persentase 77,27% dan pada pertemuan 2 mendapatkan persentase 78,12%. Pada tindakan II, hasil aktivitas siswa pada pertemuan 1 mendapat persentase 81,81% dan hasil aktivitas siswa pada pertemuan 2 mendapat persentase 86,66%. Jadi disimpulkan bahwa penerapan strategi Question Students Have (QSH) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
References
Arikunto, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bahri, A. dkk. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have dan Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Camba, Sainsmat, 1 (1):41-51.
Daton, Y.L, Hariyani, S, & Suwanti, V. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional FST Universitas Kanjuruhan Malang, Volume 2: 417 − 425
Djamarah, Bahri, S dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gintings, A. (2008). Esensi Praktis: Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Hariyani, S. (2016). Konstruksi Konsep yang Dikaitkan dengan Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika:1078-1088
Kaswara, I. dkk. (2107). Pengaruh Pemberian Apersepsi Kemampuan Dasar Matematika Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Kesetimbangan Benda Tegar, Pendidikan dan Pembelajaran, 10 (2): 1-15.
Mulawakan, F. A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Question Students Have (QSH) Setting Kooperatif, Unismuh, 1 (1): 22-35.
Nisa, I. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Mengetahui Hasil Belajar Peserta Didik,Program Studi Pendidikan Biologi, 5 (1): 1-10.
Nugroho. dkk. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses, Pendidikan Fisika Indonesia, 5 (2):108-112.
Ramdhani, A. M. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter, Pendidkan, 8 (1): 28-37.
Sjukur, S. B. (2015). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK, Pendidikan Vokasi, 1 (1): 1-15.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, Formatif, 1 (1): 29-39.
Vianata, H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa, Of History Education, 1 (1): 1-5.
Yusri, R. (2015). Penerapan Strategi Question Students Have dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMAN 9 Padang, Lemma, 2(1): 12-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi