Aljabar: Analisis Penyelesaian Soal Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Polya

Samsul Arifin, Tatik Retno Murniasih, Rahaju Rahaju, Sri Hariyani

Abstract

Peserta didik sering mengalami kesalahan produral dan konsep ketika menyelesaikan soal cerita aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik sesuai indikator tahapan Polya. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif. Peserta didik diberikan 3 soal cerita Aljabar selanjutnya pekerjaan peserta didik dianalisis. Peserta didik yang sudah mengerjakan secara benar tidak dianalisa sedangkan peserta didik yang masih mengerjakan salah dikelompokkan tipe kesalahannya sesuai dengan tahapan Polya. Peneliti setelah mengelompokkan tipe kesalahan selanjutnya memilih subjek wawancara.  Subjek wawancara dalam penelitian ini dipilih berdasarkan indikator kesalahan sesuai tahapan Polya yang dilakukan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: 1 subjek sudah mampu menyelesaikan soal dengan sangat baik dan benar yakni secara konsep maupun prosedural dalam menyelesaikan soal cerita aljabar, 4 subjek sudah mampu memahami konsep dan prosedural namun membutuhkan ketelitian dalam perhitungan operasi, dan ada 1 subjek yang masih kesulitan dalam memahami konsep dan mengimplementasikan soal cerita aljabar kedalam penyelesaian dengan baik dan benar.

References

Anwar, R. B., & Rahmawati, D. (2022). Needs analysis for the development of mathematics statistics i-module based on schematic representation. Education Quarterly Reviews, 5(4), 96–100. https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.04.575

Asni, A., Murniasih, T. R., & Pranyata, Y. I. P. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika langkah Polya sistem persamaan linear dua variabel. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 76–86. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4587

Doko, M. G. D., Sumadji, S., & Farida, N. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan Polya materi segiempat. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(3), 228–235. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i3.3563

Haryono, Y., Juwita, R., & Vioni, S. (2021). Analisis kesulitan dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari minat belajar peserta didik berdasarkan langkah Polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 849. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3510

Kosasih, N. Z., Supratman, S., & Hermanto, R. (2018). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi aljabar berdasarkan teori Jean Piaget. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(1), 35–46. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/NAD41

Marange, T., & Adendorff, S. A. (2021). The contribution of online mathematics games to algebra understanding in grade 8. Pythagoras, 42(1), 1–8. https://doi.org/10.4102/PYTHAGORAS.V42I1.586

Mowahed, A. K., Song, N., Xinrong, Y., & Changgen, P. (2019). The influence of proof understanding strategies and negative self-concept on undergraduate Afghan students’ achievement in modern algebra. International Electronic Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.29333/iejme/5886

Ojose, B. (2008). Piaget and Maths. The mathematics educator, 18(1), 26–30. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ841568.pdf

Owens, C. W., & Wells, S. P. (2021). Elementary content teacher perceptions regarding their ELL instructional practices. Journal of Educational Research and Practice, 11(1), 139–152. https://doi.org/10.5590/jerap.2020.11.1.10

Purwanti, N. D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Analisa, 6(2), 122–131. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8396

Puspasari, G. H. L., Anggraeni, L. P., Al-Farizqi, M. A. S., Febriani, N. S., Juliana, S., & Fuadin, A. (2022). Peran aljabar di kalangan pedagang. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 87–97. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.410

Rahman, I. M., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 1(1), 50–57. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/769/530

Rahmawati, D. N. U., Dorisno, D., & Frasandy, R. N. (2023). Internalisasi nilai dalam pembelajaran matematika untuk melatih profil pelajar pancasila peserta didik SD/MI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 28–36. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.28-36

Sahal, M., & Ozdemir, A. S. (2019). Examination of activities and problems oriented toward algebra readiness indicators proposed by pre-service mathematics teachers. Acta Didactica Napocensia, 12(1), 165–176. https://doi.org/10.24193/adn.12.1.12.166

Saifuddin, I. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi pecahan bentuk aljabar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 85–91. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1404

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 1906–1912.

Sarlina, S. (2015). Miskonsepsi siswa terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan persamaan kuadrat siswa kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 194–209.

Tekin-Sitrava, R. (2017). Middle grade students’ concept images of algebraic concepts. journal of education and learning, 6(3), 299–304. https://doi.org/10.5539/jel.v6n3p299

Wulandari, & Dadi, O. (2021). Analisis Kesalahan Siswa pada Materi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 3(1), 8–15.

Yapatang, L., & Polyiem, T. (2022). Development of the mathematical problem-solving ability using applied cooperative learning and Polya’s problem-solving process for grade 9 Students. Journal of Education and Learning, 11(3), 40–46. https://doi.org/10.5539/jel.v11n3p40

Yunita, Y., Hartoyo, A., & Ijuddin, R. (2017). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pada bentuk aljabar di MTs. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), 1–10.

Yurt, E. (2022). Mathematics self-efficacy as a mediator between task value and math anxiety in secondary school students. International Journal of Curriculum and Instruction, 14(2), 1204–1221.

Authors

Samsul Arifin
Tatik Retno Murniasih
tretnom@unikama.ac.id (Primary Contact)
Rahaju Rahaju
Sri Hariyani
Arifin, S., Murniasih, T. R. ., Rahaju, R., & Hariyani, S. (2023). Aljabar: Analisis Penyelesaian Soal Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Polya . RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(4), 297–305. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i4.9766

Article Details

Most read articles by the same author(s)