ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA LANGKAH POLYA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Authors

  • Apriliani Asni Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Tatik Retno Murniasih Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Yuniar Ika Putri Pranyata Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4587

Keywords:

Kemampuan,, Pemecahan Masalah,, Matematika,, Polya

Abstract

Hasil analisis wawancara dengan guru matematika di salah satu SMP di Kota Malang yang telah dilaksanakan sebelumnya,  permasalahan yang dihadapi siswa mengalami kesulitan dalam  memahami soal cerita. Hal itu disebabkan karena siswa kurang tertarik dalam membaca soal cerita yang terlalu panjang, sehingga siswa masih kesulitan untuk mengubah soal cerita tersebut kedalam bentuk kalimat matematika atau persamaan matematika, anggapan mereka adalah mata pelajaran yang membosankan dan susah untuk dipahami adalah matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemecahan suatu masalah dalam bidang matematika berdasarkan langkah Polya. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Yang menjadikan subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII di salah satu SMP di Kota Malang. Berdasarkan hasil data dari 24 siswa kelas VIII yang telah mengerjakan tugas berkaitan dengan soal cerita pada materi sistem persamaan linier dua variabel, terdapat 45% siswa mendapatkan nilai ≥ 70, sedangkan 55% siswa mendapatkan  nilai Ë‚  70.  Hasil penelitian ini yaitu tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik, kategori tingkat rendah sebanyak 4 peserta didik, kategori tingkat sedang sebanyak 14 peserta didik, kategori tingkat tinggi sebanyak 6 peserta didik. Sehingga dinyatakan bahwa dengan menggunakan langkah Polya mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada plajaran matematika kelas VIII, karena dalam setiap tahap langkah Polya mengajarkan siswa untuk dapat  memahami setiap informasi yang terdapat dalam soal, sehingga kemampuan siswa menjadi meningkat.

References

Amri, M. F. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, Volume 1 No.2, Oktober 2015, 2.
Arif, M. B. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X TKJ YP 17 Selerejo. Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kanjuruhan Malang.
Ayuningrum, D. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP ditinjau Dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Diah Ayuningrum, 13.
Herlambang. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri Kepahiang tentang Bangun Datar Ditinjau dari Teor Van Hiele. Bengkulu: Unversitas Bangkulu. (online) 6 (2): 183-193, (http://ejournal.radenintan.ac.id), diakses 31 Mei 2018. Erni Khusniawati1,, 183-193.
Karlimah. (2014). Pengembangan kemampuan komunikasih dan pemecahan masalah serta disposisi matematis mahasiswa PGSD melalui pembelajaran berbasis masalah, disertai UPI. Malang: Tidak diterbitkan. Heris Hendriana, 34.
Marsitin, R. (2016). Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis dalam Pembelajaran Matematika dengan Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 59–71. http://repository.unikama.ac.id/1011/
Murniasih, T. R. &. Suwanti, V. (2017). Analysis Of College Students Error In Solving Basic Mathematics Problem With Newman. International Conference and Call for Paper 2017, 8 (1)., pp. 288-292.
Mustika, E., Winarko, W., & Pranyata, Y. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Saat Mengerjakan Soal Matematika Ukk Ditinjau Dari Langkah Polya. Volume 1, Tahun 2018, 1.
Nurianti, E., & H & Ijudin, R. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan bentuk aljabar di kelas VIII SMP. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 4(9) diambil dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11187, 2.
Netriawati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, No. 2, 2016,, 181 - 190.
Poima, D. M. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Perbandingan Dan Skala Berdasarkan Tahapan Polya Bagi Siswa Kelas Vi Sd Kristen 03 Eben Haezer Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana Institutional Respository, (Online), (http://repository.uksw.edu/handle/123456789/),, 1-20.
Suryawan, T. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Sudut Dan Garis Di Smp Yakhalusti Pontiana. (online), (http//download.portalganda.org/article.php?article=158220&val=2338&title=kemampuan%20komunikasih%20matematis%20dalam%20materi%20sudut%20dan%20garis%smp%20yakhalusti%20pontianak) diakses 30 April 2017, 5.
Sutikno, A. (2017). Efektifitas program r untuk membantu pengajar dalam mengoreksi jawaban siswa pada soal matematika matriks secara cepat dan benar. Research Fair Unisri 2017. Vol 1, Number 1, Maret 2017, 1.
Utari, R. S. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning (PBL) di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Retrieved Februar 8, 2018, from https://www.slideshare.net/AmaBustam/jurnal-matematika pelaksanaan- pembelajran-matematika-dengan-project-baseed-learning, 2.

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Asni, A., Murniasih, T. R., & Pranyata, Y. I. P. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA LANGKAH POLYA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 76–86. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4587

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)