PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Dominikus Poka Wungo Doni Wungo, Djoko Adi Susilo, Yuniar Ika Putri Pranyata

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa, maka pembelajaran matematika  dilakukan dengan model-model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang digunakan diharapkan dapat menekankan pola berpikir kritis, logis, kreatif, cermat dan teliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMP PGRI 6 Malang dengan pokok bahasan teorema pythagoras.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Malang, yang terdiri  dari 21 siswa. Tindakan pada penelitian ini terdiri dari dua tindakan yaitu: tindakan I dan tindakan II, sedangkan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan data meliputi (1) observasi, (2) wawancara, (3) hasil tes, dan (4) dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan Model penemuan terbimbing pada siklus I sebesar 57,14%  dan pada siklus II sebesar 90,47%, Dari hasil siklus diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran oenemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.


 

References

DAFTAR PUSTAKA

Destrini, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1 (1). 13-21.
Hidayat, Toni dkk. 2017. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing di Kelas VIII SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (8). 1116-1122. di akses Agustus 2017.
Mulyono, Dodik dkk. 2018. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), 1 (1): 51-58, (https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.240).
Murti, Maya Krisna dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Phytagoras Kelas VIII B SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (3). 194-204.
Rostika, Deti dan Junita, Herni. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Jurnal Ilmu Pendidikan. 9 (1). 35-46.
Suprihatingrum, Jamil. 2012. Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi.Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA.

Authors

Dominikus Poka Wungo Doni Wungo
donnywungo@gmail.com (Primary Contact)
Djoko Adi Susilo
Yuniar Ika Putri Pranyata
Doni Wungo, D. P. W., Susilo, D. A., & Pranyata, Y. I. P. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4487

Article Details

Most read articles by the same author(s)