PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN PROBLEMS BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3555Keywords:
STAD, PBL, Hasil belajarAbstract
Keberhasilan siswa dalam pembelajaran diukur dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dipadu model PBL yang dapat meningkatkan hasil siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Cara pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Analisis data, yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan data. Mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi, ketekunan pengamatan dan pengecekkan sejawat. Hasil penelitian diperoleh (1)observasi keterlaksanaan oleh guru pada siklus I dan II diperoleh 85,71% dan 97,61% dengan kategori sangat baik, sedangkan penerapan pada siswa siklus I dan II diperoleh 83,33% dan 96,42% dengan kategori sangat baik. (2)Peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I 66,66% dan siklus II 90%. Sehingga, penerapan model STAD dan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil tersebut dapat dicapai dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: 1)Persiapan; 2)Penyajian materi; 3)Orientasi siswa pada masalah; 4)Pembagian kelompok; 5)Kegiatan kelompok; 6)Membimbing penyelidikan kelompok, 7)Menyajikan dan mengembangkan hasil karya; 8)Perhitungan Skor individu; 9)Penghargaan kelompok; 10)Kesimpulan; 11)Penutup. Saran yang diberikan adalah bagi guru matematika hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif.
References
Aliliansi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Blok Aljabar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar Di Kelas VIII. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(9),128-134.
Fitria. (2013) Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Multirepresentasi Pada Usaha dan Energi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(10), 1-10.
Karimah, S. 2013. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(12), 70-80.
Kurniati, I. (2017). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker untuk Meningkatkan Disposisi Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2):109-118.
Narfiah, N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(19), 126-142.
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematic Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 1(2), 73–94.
Ningsih. (2013). Perbedaan Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII A. Jurnal Pemndidikan Dan Pembelajaran, 12(12), 1-11.
Nugroho, Budiyono. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Model Pembelajaran Student Team Achievement (STAD) disertai Assessment For Learning Melalui Teman Sejawat dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Di Kabupaten Bantul. Jurnal elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 1-9.
Nusantara, Toto, dan Safi’i, Imam. (2013). Diagnisis Kesalahan Siswa Pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar dan Scajjoldingnya. Jurnal of Mathematic’s Teacher Education, 2(3), 1-11.
Putri, R. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pembelajaran FIsika, 6(2): 168-174.
Sutrisno, D & Retnawati, H. (2015). Komparasi Pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1):15-27
Sutrisno. (2012). Efektifitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(8), 193-201.
Yeung, H. Chim Ho, (2015), Literature Review of the Cooverative Learning Strategy-Student Team Achievement Division (STAD), Macrothingk Institute Internasional Journal of Education, 1(15), 29-40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi