ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV KELAS X

Maria Gratiana Manul, Djoko Adi Susilo, Trija Fayeldi

Abstract

Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian dari penelitian ini, dari 25 siswa kelas X yang telah mengikuti tes, sebanyak 14 orang mendapatkan nilai dalam kategori tinggi, sebanyak 8 orang memperoleh nilai dalam kategori sedang, dan sebanyak 3 orang yang mendapatkan nilai dalam kategori rendah. Dari data tes maupun wawancara, dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis sebagian besar siswa kelas X SMA Kristen Petra Malang dikatakan sudah baik.

References

Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP melalui penemuan terbimbing berbantu software geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2 (1): 1-9.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Jurnal Al Khawarizmi, 1 (1): 21-32.
Kartika, Yuni. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2 (4): 777-785.
Murizal, Angga. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1): 19-23.
Sahriah, dkk. (2012). “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang”. Jurnal Universitas Negeri Malang 1(1):2.
Suraji, Maimunah dan Sehatta Saragih. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education. 4(1): 9-16.
Utari, Vivi. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR Dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1): 33-38. Tersedia di: http://ejjournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1159/851 [diakses 13-06-2017].
Wardhani, Sri . (2008). Pengembangan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Kromatografi Lapis Tipis Melalui Praktikum Skala Mikro. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 2, No 2, Hal: 317-322.

Authors

Maria Gratiana Manul
gratsianamanul@gmail.com (Primary Contact)
Djoko Adi Susilo
Trija Fayeldi
Manul, M. G., Susilo, D. A., & Fayeldi, T. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV KELAS X. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4), 45–53. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.3655

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>