ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII PADA SUB MATERI PENYELESAIAN SPLDV DAN PENERAPAN SPLDV MENGGUNAKAN THREE TIER-TEST

Edwaldus Dedeng, Trija Fayeldi, Rosita Dwi Ferdiani

Abstract

Abstrak. Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika, sehingga bisa memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika sesuai dengan konsep yang dipahami. Sebaliknya, apabila tidak memahami konsep yang selanjutnya disebut  miskonsepsi tidak bisa memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis dan wawancara. Soal tes yang digunakan adalah soal tes berbentuk three tier test. Siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 28 orang siswa dijadikan sebagai populasi, dan sebanyak 6 siswa dari 28 siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini, rata-rata siswa mengalami miskonsepsi pada soal nomor 3 dan 4 yang menanyakan tentang himpunan penyelesaian dan soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Siswa yang mengalami miskonsepsi dikarenakan belum mampu menentukan sebarang bilangan untuk mengeliminasi salah satu variabel serta belum mampu menerjemahkan soal cerita ke dalam bentuk matematika. Selain mengalami miskonsepsi siswa juga lucky guess (menjawab benar dengan menebak). Adapun subyek yang mengalami miskonsepsi pada soal nomor 3 berjumlah 4 siswa dan soal nomor 4 berjumlah 4 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan three tier test maka dapat disimpulkan  bahwa sebagian besar siswa mengalami miskonsepsi pada salah satu soal bahkan lebih. Selain mengalami miskonsepsi siswa juga mengalami lucky guess serta mengalami konsepsi ilmiah.


 

References

Depdiknas.2003. Undang-Undang Repoblik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : Depdiknas.
Farida, Anisatul.2016. Analisis Miskonsepsi Siswa Terhadap Simbol Dan Istilah Matematika Pada Konsep Hubungan Bangun Datar Segiempat Melalui Permainan Dengan Alat Praga Di SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Konferensi Nasional penelitian matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I). (online). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kemendikbud.Laporan Hasil Ujian Nasional.(Online). (https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!199&99&999!T&T&T&T&I&!I!&). Diakses 30 September 2019.
Maulini, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). The Three Tier-Test Untuk Mengungkap Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Konsep Konstanta Pegas. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 28.
Marsitin, R. (2018). Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Teori APOS. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i1.268
Murniasih, T. R., Ferdiani, R. D., Agustina, R., & Kanjuruhan, U. (2018). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN THREE TIER-TEST. 9(September), 174–180.
Savitri, M. E., Mardiyana, & Subanti, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pecahan Dalam Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(4), 401–413.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.
Tridiyanti, E. P., & Yuliani. (2017). BioEdu PROFIL OF MISCONCEPTION BY USING THREE TIER TEST ON CARBOHYDRATE BioEdu. 6(3), 297–303.
Zulfa, Indana. (2013). “ Analisis `Kesalahan Siswa Kelas II MTs Alkhoiriyah dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Terkait dengan Sistem Persamaan Linear Dua Peubah ” Tesis Pendidikan Matematika, (Surabaya: Perpustakan Pasca Sarjana Unesa, 2011), hal. 2 9. 7–18.

Authors

Edwaldus Dedeng
edwaldus.dedeng@gmail.com (Primary Contact)
Trija Fayeldi
Rosita Dwi Ferdiani
Dedeng, E., Fayeldi, T., & Ferdiani, R. D. (2020). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII PADA SUB MATERI PENYELESAIAN SPLDV DAN PENERAPAN SPLDV MENGGUNAKAN THREE TIER-TEST. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 129–135. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.4639

Article Details

Most read articles by the same author(s)