Pengembangan Aplikasi Amit Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Matriks Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v4i3.7644Keywords:
android, media pembelajaran, thunkableAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media yang dikembangkan pada penggunaan aplikasi android. Pada penelitian ini peneliti mengunakan metode penelitian pengembangan dan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation) sebagai model pengembangan. Berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 91,25% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli materi sebesar 81,67% dengan kriteria valid dan ahli pembelajaran sebesar 81,25% dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil uji kepraktisan pada uji coba lapangan terbatas sebesar 84.79% dengan kriteria praktis dan uji coba lapangan luas sebesar 80,34% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil uji keefektifan pada uji coba lapangan terbatas sebesar 100,00% dengan kriteria efektif dan uji coba lapangan luas sebesar 80,33% dengan kriteria efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika pada materi matriks valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
References
Adu, JT., Nenohai, JMH., dan Rimo, IHE. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Art Creator Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1): 75-87
Ariska, M.D., Darmadi. dan Murtafi’ah, W. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Berbasis Metakognisi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Edumation, 8 (1): 83-97
Ashari, H., dan Mustopa, A 2019. Aplikasi Panduan Budidaya Okra Sistem Penjadwalan Alarm Otomatis Berbasis Android dengan Thunkable. Intechno Journal, 1 (2): 6-10
Deswita, H., dan Niati, B. 2018. Pengembangan Nuku Ajar Bahasa Inggris Matematika berbasis Collaborative Learning Untuk Mahasiswa Matematika. Jurnal MathEdu, 1 (3): 118-126
Ismayani, A. 2018 Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Komariah, S., Suhendri, H., dan Hakim, A.R. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android . Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4 (1): 43-52
Raharjo, S. 2019. Thunkable Secret. Jawa Tengah: Novo Media
Ramadan, F. A., dan Arfinanti, N. 2019. Pengembangan Mobile Learning RENSI (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1 (1): 42-50
Rozak, A., Darmadi., dan Murtafi’ah, W. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa SMK Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18 (1): 31-50
Sadikin, A dan Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2): 214-224
Setiawan, W. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan App Inventor Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata. Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1): 37-50
Widiyahti, U.N., Suprapto, E., dan Adamura, F. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berkarakter Melalui Permainan Edukatif Matcindo Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1): 59-70Wulandari, P., Nurhayati., dan Sianturi, M. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif. Musamus Journal of mathematics Education, 1(2): 80-99
Zakiy, M.A., Syazali, M., dan Farida. (2018). Pengembangan Media Android Dalam Pembelajaran Matematika. Journals of Mathematics Educations, 1(2): 87-96
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi