PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4487Keywords:
pemecahan, masalah, penemuan terbimbingAbstract
Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa, maka pembelajaran matematika dilakukan dengan model-model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang digunakan diharapkan dapat menekankan pola berpikir kritis, logis, kreatif, cermat dan teliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMP PGRI 6 Malang dengan pokok bahasan teorema pythagoras.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Malang, yang terdiri dari 21 siswa. Tindakan pada penelitian ini terdiri dari dua tindakan yaitu: tindakan I dan tindakan II, sedangkan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan data meliputi (1) observasi, (2) wawancara, (3) hasil tes, dan (4) dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan Model penemuan terbimbing pada siklus I sebesar 57,14% dan pada siklus II sebesar 90,47%, Dari hasil siklus diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran oenemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
References
Destrini, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1 (1). 13-21.
Hidayat, Toni dkk. 2017. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing di Kelas VIII SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (8). 1116-1122. di akses Agustus 2017.
Mulyono, Dodik dkk. 2018. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), 1 (1): 51-58, (https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.240).
Murti, Maya Krisna dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Phytagoras Kelas VIII B SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (3). 194-204.
Rostika, Deti dan Junita, Herni. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Jurnal Ilmu Pendidikan. 9 (1). 35-46.
Suprihatingrum, Jamil. 2012. Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi.Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi