Analisis Kesalahan Siswa pada Soal Cerita Matematika dalam Pembelajaran Missouri Mathematic Project

Retno Marsitin, Yohanes Elmantoro, Djoko Adi Susilo

Abstract

Kondisi yang saat ini dialami siswa, terjadi berbagai kesalahan- dilakukan saat menyelesaikan soal cerita matematika. Akibat dari kesalahan siswa, tidak banyak siswa yang dapat mengerjakan soal cerita matematika dengan tepat. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kesalahan pada soal cerita matematika dalam pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP). Penelitiam dilakukan di SMP Negeri 4 Jangkang Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif  dengan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengecekan data. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan wawancara. Keabsahan data menggunakan trianggulasi metode. Hasil penelitian bahwa kesalahan membaca tidak menemukan kesalahan pada subjek penelitian yang menunjukan tidak ada indikasi kesalahan membaca pada siswa. Kesalahan memahami ditemukan ada empat subjek melakukan kesalahan yang mengindikasikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ada kesalahan siswa. Kesalahan tranformasi ditemukan dua subjek yaitu tidak menuliskan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal, dan aspek keterampilan ditemukan bahwa tidak ada siswa yang melakukan kesalahan. Kesalahan penulisan jawaban akhir ditemukan siswa dominan melakukan keslahan pada akhir jawaban soal. Disimpulkan bahwa pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) berhasil dan memenuhi KKM sekolah. Peneliti selanjutnya, sebaiknya pertanyaan yang diajukan dapat menggali letak kesalahan siswa agar mengetahui lebih lengkap jenis kesalahan berdasarkan kriteria Newman.

References

Anisatul Mufarokah, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Teras, 2009). Cet. 1, hlm.13.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arno F Wittig, Psychology of Learning, (New York: MC. Grow-Hill, 1981), hlm. 2.
Clifford T Morgan, Introduction to Psychology, (New York: MC. Grow-Hill, 1971), hlm. 63.
Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fariha, M. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kecemasan Matematika dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving. Jurnal Peluang, 1 (2), 43-50
Karim & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104
Margareth E Bell, Belajar dan Membelajarkan, (Jakarta: Rajawali, 1991). Cet. 1, hlm. 1
Muhammad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007), Cet. 13, hlm. 14
Shaleh Abdul Aziz, Abdul Aziz Majid, At-Tarbiyah wa Thuruqut Tadris, Juz I, (Mesir: Darul Ma’arif, tth), hlm. 169.
Purna Bayu Nugroho S. Pd. Si, Efektifitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dengan Metode Talking Stick Dan Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. (Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 10 November 2012).
Purwanita, Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Upaya Meningkatkan Penalaran dan Kemandirian Belajar Siswa SMA (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPI), (Bandung: FMIPA UPI, Skripsi, 2010).
Trapsilo, Tarsisius Eko Bagus. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Materi Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas Ix SMP N 1 Banyubiru. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika, Univesitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Wahyuni dan Eruansyah. 2018. Model pembelajaran missouri mathematics project (mmp) menggunakan strategi think talk write (ttw) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. JNPM Jurnal Nasional Pendidikan Matematika.Vol.2 hal.24

Authors

Retno Marsitin
mars_retno@unikama.ac.id (Primary Contact)
Yohanes Elmantoro
Djoko Adi Susilo
Marsitin, R., Elmantoro, Y., & Susilo, D. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa pada Soal Cerita Matematika dalam Pembelajaran Missouri Mathematic Project. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 6(2), 106–114. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10187

Article Details

Most read articles by the same author(s)