MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA

Agustina Areq, Retno Marsitin, Vivi Suwanti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Pembelajaran Matematika Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI 6 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 35 peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent-Sampel T test. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi 0,048  0,05 dan hasil lembar kerja peserta didik setiap kelompok memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimal. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika peserta didik kelas VIII SMP PGRI 6 Malang. Disarankan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan model reciprocal teaching untuk materi yang berbeda sebagai studi perbandingan bahwa model ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

References

Arnasari,MH. (2017). Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Penilaian Portofolio. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Bima Volume 8 Nomor 1
Asri,A dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika Vol 2 No 1
Hendra,ER. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Premiere Educandum, Volume 4 Nomor 1
Ira Vahlia dan Satrio,WS. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 1
Irfandi dkk. (2016). Penerapan Teknik Scaffolding Untuk Mengatasi Kesalah Prosedur Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Balaesang Dalam Menyelesaikan Soal Soal Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 3
Linda,A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika Vol 3 No.1
Novrinda dkk. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia Vol 2 No 1
Reski,A dan Ridwan,I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Balang Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran Volume3 Nomor 1
Tien,F dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat . Jurnal Didaktif Matematika Vol 3 No 1
Wahyudin. (2018). Optimasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan Vol 6 No 2
Zahra,C. (2016). Kecerdasan Dan Kreatifitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2 No 2

Authors

Agustina Areq
oppon8620@gmail.com (Primary Contact)
Retno Marsitin
Vivi Suwanti
Areq, A., Marsitin, R., & Suwanti, V. (2019). MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4), 37–44. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.3657

Article Details

Most read articles by the same author(s)