Analisis Kemampuan Translasi Representasi Siswa dalam Pemecahan Masalah berdasarkan Gaya Belajar David Kolb
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8666Keywords:
translasi, representasi, David Kolb, gaya belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan translasi representasi siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan gaya belajar David Kolb pada kelas VIIIA SMP Taman siswa Turen. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket gaya belajar, tes transalasi representasi, dan pedoman wawancara. Siswa akan dikelompokkan berdasarkan 4 gaya belajar yaitu Accomodator, Diverger, Converger dan Assimilator. Berdasarkan analisis hasil penelitian, siswa-siswa bergaya belajar Diverger cenderung lebih unggul daripada gaya belajar yang lain karena sebagian besar siswa-siswa dengan gaya belajar ini memiliki kemampuan translasi yang baik. Kemampuan translasi siswa-siswa dengan gaya belajar Assimilator tidak kalah baik dengan gaya belajar Diverger karena separuh/sebagian dari mereka mampu juga memiliki kemampuan translasi yang baik. Siswa-siswa dengan gaya belajar Accomodator dan Converger cenderung lebih lama dalam mengerjakan soal kemampuan translasi. Secara keseluruhan, siswa- siswa dengan gaya belajar Accomodator dan Converger memiliki kemampuan translasi yang kurang baik.
References
Arifin, M. N., Sugiatno, Suratman, D. (2018). Kemampuan translasi dan transformasi representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita kontekstual materi himpunan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 7(7). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26483
Cahdriyana, R. A. (2016). Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. AdMathEdu, 6(2).
Fadillah, S. (2011). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematika Siswa SMP Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100-107.
Fatkhiyyah, I., Winarso, W., Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb. Jurnal Elemen. 5(2). 93-107. DOI: 10.29408/jel.v5i2.928.
Hidayatullah, N. U. (2017). Kemampuan translasi antar representasi siswa SMP dalam materi persamaan linear satu variabel (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Hudiono, B. (2010). Peran Representasi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Persamaan Garis. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(1).
Marsitin, R. (2016). Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis dalam Pembelajaran Matematika dengan Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 2(1), 58-66.
Monika, A., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2015). Kemampuan Translasi Representasi Matematis Siswa Materi Himpunan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 4(12). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12657.
NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. Reston, VA : NCTM.
Ramlah, Firmansyah, D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75.
Soraya, K., Martasari, R., Nurhasanah, S. A., Suprapto, P. K., Diella, D. (2020). Profil Gaya Belajar (David Kolb) di SMA Swasta Tasikmalaya dalam Mata Pelajaran Biologi. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi. 5(1). DOI: 10.34289/bioed.v5i1.1198.
Supriyanto, A., Mardiyana, & Subanti, S. (2014). Karakteristik Berpikir Matematis Siswa SMP Majelis Tafsir Al- Qur ’ an ( MTA ) Gemolong dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ) Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(10), 1056–1068.
Zulianto dan Budiarto. (2020). Kemampuan Translasi Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5 (2). 313-327
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi