PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM FORMAT EXCEL PADA MATERI MEMBACA DAN MELUKIS GRAFIK FUNGSI KUADRAT

Main Article Content

Setyobudi
Djoko Adi Susilo
Vivi Suwanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan media yang dikembangkan digunakan pada kegiatan pembelajaran di kelas X MIPA dan efektifitas media tersebut ditinjau dari persepsi dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti memilih untuk menggunakan 4D model.Pertimbangan digunakan model ini karena model pengembangan ini lebih sederhana dengan langkah-langkah yang tidak rumit, sistematis dalam upaya memecahkan masalah belajar yang berkaitan dengan sumber belajar sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.Model pengembangan ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran.Namun dengan alasan keterbatasan waktu yang tersedia maka tahap keempat yaitu tahap penyebaran tidak dilaksanakan. Berdasarkan hasil ujicoba produk pada setiap tahapnya dengan nilai oleh ahli materi sebesar 86.5, nilai oleh ahli media sebesar 90.62, nilai hasil uji operasional sebesar 83.94 serta rerata nilai evaluasi sebesar97.29 maka dapat disimpulkan bahwa media belajar yang peneliti kembangkan layak digunakan pada kegiatan pembelajaran matematika untuk kelas X SMA dan cukup efektif dalam upaya memperbaiki persepsi serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Setyobudi, Susilo, D. A., & Suwanti, V. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM FORMAT EXCEL PADA MATERI MEMBACA DAN MELUKIS GRAFIK FUNGSI KUADRAT . RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(4), 272-281. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.5814
Section
Articles

References

Ariyanto, A. (2016). Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Metode Drill. MUADDIB. 6(1). 42-62
Rasmania, S.& Suratman, D. (2018). Hambatan Epistimologis Siswa Dalam Menentukan Domain Dan Range Fungsi Kuadrat Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,7(7)
Santi, A. & Prihatnani, E. (2018). Perbandingan Metode Drill Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika. Prisma, prosiding seminar nasional matematika, 1. Hal. 943-953.
Sari, D.P. (2017). Berpikir Matematis Dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif Dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1).
Sari, N. R. (2018) Animation media to improve student leaning results. Jurnal tadris matematika. 1(2). Hal 145-156.
Tamami, R. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran interaktif (MPI) PowerPoint untuk Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus.Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1 (1)
Wahyuni, N. (2016). Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional 2016, Universitas Cokroaminoto Palopo. 2(1). Hal 399-406

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.