Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri untuk Literasi Matematika

Ika Aprilia Budiarti, Vivi Suwanti, Djoko Adi Susilo

Abstract

Pendidikan di Indonesia kini semakin menggalakkan budaya literasi di sekolah. Salah satu literasi yang banyak dikembangkan saat ini adalah literasi matematika. Penelitian ini bertujuan mengembangakan E-LKPD berbasis inkuiri yang valid, layak, dan efektif untuk membangun kemampuan literasi matematika peserta didik. E-LKPD ini dikembangkan dalam cakupan materi bangun ruang kubus, balok dan prisma. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Untuk mengukur kevalidan E-LKPD, dilakukan validasi oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Pengukuran kelayakan dan keefektifan dilakukan pada subjek penelitian sebanyak 27 peserta didik kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) tingkat kevalidan media 85,71%, materi 93,75%, dan pembelajaran 92,42%, 2) tingkat uji kelompok kecil 86,90% dan kelompok besar diperoleh 77,63%, dan 3) tingkat keefektifan kelompok kecil 74,44% dan kelompok besar 76,34%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahawa E-LKPD berbasis inkuiri untuk literasi matematika valid, layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar.

References

Bolstad, O. H. (2020). Secondary teachers’ operationalisation of mathematical literacy. European Journal of Science and Mathematics Education, 8(3), 115–135. https://doi.org/10.30935/scimath/9551
Ikhwani, P. N., & Kuntjoro. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 597–604. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p597-604
Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Clasroom Action Research, 4(2), 147–151. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1758
Masruhah, G. D., Rusdianto, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935
Nurhidayati, S. (2019). Pengintegrasian Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Hormat Mahasiswa Terhadap Lingkungan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 0–5. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.995
Oktaviana, Y. I., & Rosyidi, A. H. (2019). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Kategori Formulate Pada Siswa Kelas VIII. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 400–407.
Patricia, C. O. S. (2021). PENGEMBANGAN LKPD LITERASI SAINS. 3(2), 6.
Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169
Syafruddin, I. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3214–3227. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1727
Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06(April), 1–12. https://doi.org/10.24042/jipf

Authors

Ika Aprilia Budiarti
Vivi Suwanti
vivi_devbatghost@unikama.ac.id (Primary Contact)
Djoko Adi Susilo
Aprilia Budiarti, I., Suwanti, V., & Adi Susilo, D. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri untuk Literasi Matematika. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 6(2), 115–124. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.9645

Article Details

Most read articles by the same author(s)