Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Aljabar

Authors

  • Keyage Gwijangge Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Retno Marsitin Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Djoko Adi Susilo Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8551

Keywords:

analisis kesulitan, pemecahan masalah, aljabar

Abstract

Peserta didik masih mengalami kesulitan memecahkan masalah aljabar yang dijumpai adanya kendala-kendala peserta didik dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian deskriptif dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada SMPK Widyatama Batu dengan jumlah 26 peserta didik, dianalisis dan wawancara dengan 6 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan mengunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penyelesaian soal tes aljabar dalam kesulitan peserta didik adalah kesulitan tahap membaca 0%, kesulitan tahap memahami 67%, kesulitan tahap transformasi 65%, kesulitan tahap keterampilan proses 51%, kesulitan tahap menentukan kode  83%. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa (1) kesulitan tahap membaca ialah peserta didik tidak mampu dalam memaknai soal, tidak mampu membaca kata kunci, (2) Kesulitan tahap memahami yaitu salah mengubah angka yang bentuk pecahan, tidak menuliskan proses pengerjaan soal, ada yang tidak menulis hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal, (3) Kesulitan tahap transformasi yaitu kesulitan dalam membuat pemisalan dan ada yang tidak menuliskan proses pengerjaan setelah mengubah persaman pecahan yaitu tidak menulis persamaan bentuk matematika, (4) Kesulitan tahap keterampilan proses yaitu keliru dalam perhitungan, tidak teliti proses perhitungan, (5) Kesulitan tahap menentukan kode yaitu tidak menuliskan hasil akhir, tidak menuliskan kesimpulan jawaban.

References

Ari WIidodo, B. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi sistem persamaan linear dua variabel di smp negeri 5 lubuklinggau tahun pelajaran 2017/2018.

Febrianti, V., & Chotimah, S. (2016). Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Statistika Kelas VII SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 559–566.

Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.915

Khasanah, U., & Sutaman. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Publikasi Ilmiah, 1–13.

Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education, 01(02), 323–334.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf

Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Lampung, 1, 595– 606.

Putro, D. S., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(02), 464–469.

Rezki Hidayanti, Nurdin, & Fajar. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel(Spldv) Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi. Universitas Negeri Makasar, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Endah, N., & Dkk. (2015). Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Hots Matematika Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 116–127.

Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi barisan dan deret. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 2(2), 78–88.

Pratiwi, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah SistemPersamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas IX SMP Negeri 4 Polewali. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.

Sari, V. A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Kedung Waringin Pada Materi Segitiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 318–324.

Endah, N., & Dkk. (2015). Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Hots Matematika Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 116–127.

Aisyah, P.N., Yuliana, Anik & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTS Pada Materi Pola Bilangan. Journal On Education, 1(02), 23–36.

Imelda, I. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Aljabar Dan Trigonometri. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 49–50. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.868

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Gwijangge, K., Marsitin, R., & Adi Susilo, D. (2023). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Aljabar. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 5(2), 112–123. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8551

Issue

Section

Articles