Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar SMP Hanura Danga Nagekeo

Authors

  • Katarina Siena Lulu Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Retno Marsitin Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sumadji

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.10746

Keywords:

model pembelajaran, Think Pair Share (TPS), hasil belajar

Abstract

Proses pembelajaran dengan suasana kelas berpusat pada guru dengan model konvensional membuat peserta didik cenderung pasif. Guru mata peajaran matematika masih menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga menimbulkan kebosanan dan berdampak pada hasil belajar peserta didik minim. Implementasi pembelajaran model kooperatif merupakan cara sesuai yang digunakan untuk menciptakan situasi kelas yang menyenangkan dan menarik, sehingga memacu semangat serta meningkatkan hasil belajar. Penelitian dengan tujuan menentukan pengaruh pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar SMP Hanura Danga. Populasi dalam penelitian seluruh kelas VII, sampel yang digunakan adalah teknik sampling semu dengan VII C kelas eksperimen dan VII A kelas kontrol. Jenis Penelitian menggunakan eksperimen semu, dengan  mengumpulkan data menggunakan dokumentasi dan teknik test serta analisis data melalui Uji T berbantuan SSPS 22. Hasil analisa penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pasca perlakuan melalui model TPS sehingga disarankan pembelajaran dengan pembelajaran TPS dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran matematika.

References

Darlin. (2015). Penggunaan Model Kooperatif Learning Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas V SD Inpres Duyu. Jurnal Kreatif Tadulako

Daryanto, T. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media

Hamzah. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Marlin, Tin. 2010. “Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Think Pair Share dengan Menggunakan Computer Based (CBI) Model Simulasi”. Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan FKIP PGRI. Palembang: Universitas PGRI.

Mulyani. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Software Maple Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kepercayaan Diri Matematis Mahasiswa. Jurnal Siliwangi Vol. 2. No.2. Nov. 2016 ISSN 2476-9312 Seri Pendidikan. https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v2i2.91

Nida Savira, Esti Ambar (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Pesera Didik ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.Volume 05, N0. 03, pp 2584-2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumarli (2018). Analisi Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tinggi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. Volume 3 Nomor 1 Hal.8-13. https://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i1.335

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: Masmedia Buana Pustaka

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Veni R.Kamil, Darnies Arief, Yalvema Miaz, Rifma (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 6 Hal. 6025-6033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Siena Lulu, K., Marsitin, R., & Sumadji, S. (2025). Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar SMP Hanura Danga Nagekeo. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 7(1), 58–65. https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.10746

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>