PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI

Ferlinus Bau, Trija Fayeldi, Vivi Suwanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dimana model pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi aritmatika dan mendeskripsikan berapa besar peningkatan belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenisnya adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah siswa kelas XI berjumlah 23 siswa. Prosedur pengumpulan data antara lain tes prestasi belajar, observasi keterlaksanaan pembelajaran, wawancara serta dokumentasi. Tahap analisis data pada penelitian ini adalah pereduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yaitu, (1) guru memberi salam kepada siswa, (2) guru menyampaikan kompetensi apa yang akan di capai siswa, (3) mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, (4) menyajikan materi, (5) membagi siswa kedalam beberapa kelompok, (6) memberi kesempatan siswa menjelaskan kepada siswa lain melalui bagan atau peta konsep, (7) menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa, (8) memberi tugas pada siswa, (9) mengucap salam penutup. Hasil dari dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam penelitian ini yaitu untuk menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Prestasi ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 65,21% sedangkan pada siklus II yaitu 78,26%.

References

Apriliansyah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 3. No. 2.
Khaulah. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Studen Facilitator and Explaining Pada Materi Statistika di Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka. Jurnal Pendidikan Almuslim. Vol. 4. No.1.
Kushartanti, Anugrahening. 2009. Perilaku Menyontek Ditinjau dari Kepercayaan diri. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. Vol. 11, No. 2. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mawarsih, dkk. 2015. Penerapan Model Pempelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol.4. No.3.
Masjudin. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbasis Peta Konsep Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pengetahuan. Vol.2. No.2.
Muslim. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode SFE dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK di Kota Tasikmalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol. 1 No. 1 Hal. 65-72.
Putut, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa. Vol 12. No. 1.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Authors

Ferlinus Bau
wazaweru97@gmail.com (Primary Contact)
Trija Fayeldi
Vivi Suwanti
Bau, F., Fayeldi, T., & Suwanti, V. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.4547

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>