MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Oswaldin Siana Kurniati, Sumadji Sumadji, Vivi Suwanti

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Nasional Malang. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol  yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment) dan menggunakan metode Nonequivalent control group design. Analisis data dalam penelitian ini berupa penguji instrumen penelitian yang terdiri atas validasi istrumen dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test berbantuan program SSPS. Hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan 0.021<0.05. (2) Rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa  yang diberi perlakuan dengan model Problem Based Learning adalah 75.81 dan siswa yang di beri perlakuan dengan pembelajaran konvensional adalah 69.94. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Nasional Malang. Saran bagi peneliti selanjutnya mencoba memakai model lain untuk meneliti kemampuan komunikasi matematis siswa.

References

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1) 21-34.
Duskri, M., Maidiyah, E., Risnawati, Ilham, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Di Kelas IX-6 SMPN 8 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1 (1).
Fitrah, M. (2017). Kajian Perspektif Kebermaknaan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Matematika; Berdasarkan Review Literatur Beberapa Hasil Penelitian Terbaru. Jurnal Penelitian Vol. VI No.
Hafely, Bey, A.,Jazuli, L. O. A., Sumarna, N. (2018). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2)
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu, 7(1).
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasi, 4(1) 93-106.
Kurniati, I. W., Pujiastuti, E., Kurniasih, A.W. (2017). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker untuk Meningkatkan Disposisi Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 8(2) 109-118.
Lubis, N. C. P. (2017). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII Smp Yayasan Pendidikan Islam Delitua T.A 2016/2017. Jurnal Axiom, VI(1).
Nuraini, F., (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4).
Sari, L. S. P. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siwa SMP. Jurnal Pendidikan. 3(3).
Triana, M. dkk. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Concept. Jurnal Pendidikan, 2(2).

Authors

Oswaldin Siana Kurniati
waldiskurniati@gmail.com (Primary Contact)
Sumadji Sumadji
Vivi Suwanti
Kurniati, O. S., Sumadji, S., & Suwanti, V. (2019). MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4), 29–36. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.3649

Article Details

Most read articles by the same author(s)