Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Dan Segiempat Dengan Tahapan Newman Pada Siswa SMP Katolik Santa Maria 1 Malang

Adwilson Laga Lamadoken, Sumadji Sumadji, Riski Nur Istiqomah Dinulloh

Abstract

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa di SMP Katolik Santa Maria 1 Malang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Hanya 4% siswa yang mencapai Metrik Kualifikasi Minimum (KKM) 75 pada rata-rata akhir semester matematika mereka. Pengalaman guru menunjukkan bahwa siswa sering salah menghitung ketika mencoba menyelesaikan segitiga dan segiempat. Selain itu, banyak siswa yang terus menyalahgunakan rumus tersebut.Siswa lebih cenderung memahami gagasan hanya menghafal rumus dan tidak memahaminya dengan benar, yang bisa menjadi penyebabnya. Ada kemungkinan siswa melakukan kesalahan tambahan yang berkontribusi pada rendahnya prestasi belajar matematika mereka.


Menggunakan tahap Newman untuk memecahkan cerita segitiga dan segiempat, penelitian deskriptif kualitatif semacam ini bertujuan untuk menentukan di mana kesalahan siswa. Penelitian ini mengukur kesalahan menggunakan indikator kesalahan Newman.Tahap membaca, tahap pemahaman, tahap transformasi, tahap keterampilan proses, dan tahap penyandian semua bagian dari tahap kesalahan Newman. Wawancara dan tes tertulis digunakan dalam penelitian ini. Siswa kelas tujuh di Santa Maria 1 Katolik SMP di Malang menjadi peserta penelitian.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktanya, 4 subjek dalam tahap pemahaman, 1 subjek dalam tahap konversi, 1 subjek dalam tahap keterampilan proses, dan 3 subjek dalam tahap keterampilan proses semuanya melakukan kesalahan. Kesalahan pada halaman deskripsi adalah kesalahan. Untuk Soal 2, 1 pada tahap pemahaman membaca, 4 pada tahap pemahaman, 5 pada tahap konversi, 6 pada tahap kemampuan proses, dan melakukan kesalahan dalam penulisan jawaban. Untuk mengetahui lebih banyak tentang jenis kesalahan yang dilakukan siswa, peneliti selanjutnya  disarankan untuk melakukan wawancara mendalam atau lebih terfokus.

References

Sholihah, D.A. & Ali Mahmud. 2015. Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Datar. JRPM (Jurnal Riset Pendidikan Matematika), 2(2)
Susanti. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Cerita Program Linier Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2 (6), 71-76.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta:Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Authors

Adwilson Laga Lamadoken
adwilsonlamadoken@gmail.com (Primary Contact)
Sumadji Sumadji
Riski Nur Istiqomah Dinulloh
Lamadoken, A. L., Sumadji, S., & Dinulloh, R. N. I. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Dan Segiempat Dengan Tahapan Newman Pada Siswa SMP Katolik Santa Maria 1 Malang. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(3), 150–163. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i3.7786

Article Details