ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS

Gaudensia Ratu Tumung Ampur, Djoko Adi Susilo, Trija Fayeldi

Abstract

Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik pada pemecahan masalah matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis.. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa  terpilih pada kelas VIII C SMP Negeri 19 Kabupaten Malang.  Proses pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi  yang dianalisis berdasarkan tahapan Newman meliputi reading, comprehension, transformation, process skill dan encoding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat 6 subjek yang melakukan kesalahan pada tahap membaca, yang disebabkan siswa belum bisa menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam  soal; 2) dua subjek yang melakukan kesalahan pada tahap memahami, karena ketidakmampuan siswa dalam menerjemahkan soal dalam bentuk model matematika; 3) lima subjek yang melakukan kesalahan pada tahap transformasi,  dan penyebabnya siswa tidak mampu membuat persamaan matematika dari masalah; 4) pada tahap keterampilan proses terdapat 6 subjek yang melakukan kesalahan karena tidak mengetahui prosedur yang digunakan secara tepat, dan 5) enam subjek lainnya melakukan kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir, penyebabnya adalah siswa kurang menuliskan kesimpulan sesuai jawaban akhir yang diperoleh. Temuan penelitian menunjukan bahwa, siswa cendrung melakukan kesalahan pada tahap reading, process skill dan encoding.

References

Ilmiyah, L., Purnomo, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didikk dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115.

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. Maju, 5(2), 41–51.

Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance Of Primary School Students In Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(I), 17–21.

Qomari, N., Sesanti, N. R., & Marsitin, R. (2019). Pembuktian Trigonometri Dengan Tahapan Newman ’ S Error Analysis ( NEA ). Seminar Nasional FST, 2, 102–109.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42–49.

Tias, A. A. W., & Wutsqa, D. U. (2015). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 28–39.

White, A. L. (2005). Active Mathematics In Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistakes – And Then Doing Something To Help Them. Square One, 15(4), 15–19.

Zaidy, F., & Lutfianto, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 297–303.

Authors

Gaudensia Ratu Tumung Ampur
tumungratu@gmail.com (Primary Contact)
Djoko Adi Susilo
Trija Fayeldi
Gaudensia Ratu Tumung Ampur, Susilo, D. A., & Fayeldi, T. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.4930

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>