PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA

Authors

  • Gaspar Naju Kaduwu Wali Universitas Kanjuruhan Malang
  • Wignyo Winarko Universitas Kanjuruhan Malang
  • Tatik Retno Murniasih Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.3574

Keywords:

metode tutor sebaya, keaktifan, hasil belajar

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Wagir. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar tersebut adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika di kelas. Dengan demikian, penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wagir dengan menerapkan metode tutor sebaya. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengumpulan data  (observe), dan refleksi (reflection). Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar keaktifan, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Wagir. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dilihat dari persentase yang diperoleh pada siklus I dan Siklus II dengan rincian sebagai berikut: (1) persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 71,67% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,33% , dan (2) hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60,71% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,57%. Saran bagi peneliti lain dapat menggunakan metode tutor sebaya untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan materi yang berbeda.

References

Ahdiyat, Maman. 2014. Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pengolahan Data. Jurnal Formatif, 4(1): 71-79,

Fatimah, S. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistik melalui Model Group Investigation Berbasis Kontekstual pada Siswa Kelas XI IPA 2 Semester I SMA 15 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 4 (1),

Friani, S.A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa di Kelas XI IPA SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3 (1),

Idris, R. P. 2017. Penerapan Pembelajaran Model Tutor Sebaya (Peer Tutoring) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Tm-B SMK N 5 Surakarta 2016/2017. Seminar Nasional Pendidikan Vokasi Ke 2

Mulyani, S. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(2),

Muswaroh, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sdn Soge Kandanghaur Indramayu. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4 (2),

Nurmala. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 20 Toli-Toli pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako, 4 (9),

Palistini, L.A. 2018. Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 4(1),

Prasojo, T. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, (Online), 7 (1) : 31-40

Rosanti, D. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9 (2): 1-11,

Sholihah, D. A. 2015. Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, (Online), 2 (2): 175-185,

Sidiq, H.A. 2018. Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Memasang Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Journal Of Mechanical Engineering Education, 5 (1),

Wibowo, N. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education, 1 (2),

Zayyin, A. N. 2017. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Pendidikan Matematik, 5 (1).

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(2), 164–173. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.3574

Issue

Section

Articles