Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Lembar Kerja Siswa

Authors

  • Tekla Lamut Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sri Hariyani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Riski Nur Istiqomah Dinnullah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.6262

Keywords:

STAD, media LKS, hasil belajar

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih menekankan pada aktivitas dan interaksi antara siswa dalam berprestasi yang maksimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ndoso pada materi bilangan bulat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS. Jenis penelitian ini dapat berupa 31 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ndoso mengikuti penelitian tindakan kelas sebagai subjek penelitian. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berikut langkah-langkah model pembelajaran STAD dengan berbantuan lembar kerja siswa: (1) menyampaikan materi, (2) memberikan tes/kuis secara individu, (3) membentuk beberapa kelompok, (4) membimbing siswa dalam menyelesaikan LKS, (5) mempresentasikan hasil kerja kelompok dan (6) memberikan penghargaan. Hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan hasil tes pada siklus I dan siklus II. Skor rata‑rata siswa mengalami kenaikan dari sebesar 77,41 pada siklus I menjadi sebesar 81,93 pada siklus II. Hasil observasi guru pada siklus I memenuhi kriteria baik dengan skor 72,5%, sedangkan pada siklus II memenuhi kriteria sangat baik dengan skor  90%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat dinyatakan bahwa penerapan pembelajaran  Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan LKS meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ndoso pada materi bilangan bulat.

References

Abimanyu, W. A., Mallo, B., & Hadjar, I. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Limas di Kelas VIII SMP Negeri 5 Palu. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 153-163
Ahmatika, D. 2016. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery. Euclid, 3(1): 394-403
Andriani, M., & Tanjung, H. 2015. Analisis Manajemen Risiko Dalam Mengatasi Pembiayaan Bermasalah Pada Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) (Studi Kasus Bri Syariah Cabang Bogor). Al-Infaq, Jurnal Ekonomi Islam, 6(2): 217-261
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129.
Apriani, D. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivis pada Materi ruang Dimensi Tiga Di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1): 29–38.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2018. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1): 67–75.
Hamzah, M., & Mahmudah, N. K. 2012. PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA di MTs.SALAFIYAH KOTA CIREBON. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1): 1-12
Iskandar, J. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 861-866
Lailiyah, I., Munzil, & Suryadharma, I. B. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reflektif Sifat Elektrolit-Non Elektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Man Malang 1. SKRIPSI Jurusan Kimia-Fakultas MIPA UM.
Maariff, S. 2015. INTEGRASI MATEMATIKA DAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Infinity Journal, 4(2): 223-236
Muslih, Moh. 2010. Pembelajaran Moral Melalui Pembelajaran Kooperatif. Edukasia Islamika, 8(2): 165-179
Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. 2019. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37
Rahmann, A. A. 2018. Penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi statistika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2): 1-12
Swintari, S. A. K., Ali, M. T. M., & Murdiana, I. N. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Garis Bilangan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Kelas VII SMP Advent Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(1): 90–103.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Lamut, T., Hariyani, S., & Dinnullah, R. N. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Lembar Kerja Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 4(1), 20–26. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.6262

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)