Rancang Bangun Game Edukasi Latihan Soal USBN untuk Sekolah Dasar berbasis Android dengan Metode GDLC menggunakan RPG Maker MV
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v5i1.5950Keywords:
Android, game, media pembelajaran, metode belajar, USBNAbstract
Siswa-siswi kelas 6 di MI Miftahul Ulum yang melaksanankan bimbingan belajar yang dilakukan setelah bel pulang berbunyi sampai jam 13.00 WIB. Dalam pelaksanaannya sendiri tidak selalu berjalan dengan lancar adanya beberapa siswa mengalami penurunan motivasi belajar karena merasa kelelahan karena jam istirahat berkurang. Menurut wali kelas 6 MI Miftahul Ulum jam tambahan yang panjang serta mengulas banyak soal latihan membuat siswa menjadi kurang antusias belajar. membuat media pembelajaran dengan menggunakan game edukasi yang dinilai lebih interaktif. Dalam pembuatan media pembelajaran peneliti menggunakan metode GDLC (Game Development Live Cycle) versi Heather Chandler yang memiliki metode pengembangan game yang memiliki tahapan-tahapan untuk menganalisa dan membangun game dengan siklus yang spesifik dan detail yang terdiri dari beberapa langkah dari tahap inisiasi, pra produksi, produksi, alpha testing, beta testing, dan peluncuran. Maka dari nilai UAT (User Acceptance Test) didapat nilai rata-rata dari semua aspek sebanyak 93% yang merasa hasil belajarnya dapat terbantu dengan adanya media pembelajaran berupa game berbasis android.
References
Rahim, Erik Anisa. (2018). Penguatan Mental Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Pendidikan Agama Islam. IAIN Tulungagung.
Hikmah, dkk. (2020). Tryout Persiapan Ujian Nasional Bagi Siswa-Siswi Kelas IX MTS Guppi Majene. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Universitas Sulawesi Barat.
Mustofa, Putra, Jordy Lasmana, dan Kesuma, Chandra. (2021). Penerapan Game Development Life Cycle Untuk Video Game Dengan Model Role Playing Game. Jurnal Computer Science. Universitas Nusa Mandiri.
Sakti, Rachmat Tri dan Fadilah, Umi. (2018). Game Edukasi Pengenalan Tumbuhan Hijau Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Faiseh, Imroatul, Purwanto, Hari Lugis dan Agustina, Rini. (2020). Rancang Bangun Pengembangan Sistem Klasifikasi Berita Nasional Menggunakan Metode Naive Bayes di Radar Malang. Jurnal Terapan Sains dan Teknologi. Universitas Kanjuruhan Malang.
Hady, Luthfiyyah Elok, dkk. (2020). User Acceptance Testing (UAT) pada Purwarupa Sistem Tabungan Santri (Studi Kasus: Podok Pesantren Al-Mawaddah). Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi. Universitas Islam Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi