RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN QR CODE DI SMK MANIAMAS NGABANG
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6526Keywords:
Sistem informasi perpustakaan, Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)Abstract
SMK Maniamas yang bertempat di Hilir .Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat memiliki beberapa fasilitas di dalamnya seperti contoh perpustakaan, lab komputer dan lain lainnya. Jumlah siswa ataupun siswi di SMK Maniamas Ngabang pada tahun ajaran 2020 tercatat sebanyak 205 siswa dan 121 siswi. Perpustakaan SMK Maniamas Ngabang memiliki lebih dari koleksi 550 buku dalam beberapa kategori, seperti contoh buku akuntansi, adminitrasi perkantoran, pemasaran, matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, pendidikan kewarganegaraan, agama, ilmu pengetahuan alam, seni budaya, kewirausahaan, sejarah dan lain sebagainya. untuk masuk kedalam perpustakaan siswa yang telah menjadi anggota perpustakaan akan mengisi buku absensi dan menitipkan kartu tanda anggota perpustakaan kepada petugas perpustakaan. Sedangkan bagi siswa yang belum menjadi anggota akan di wajibkan mengisi form untuk menjadi anggota. setelah mengisi form maka petugas akan menginformasikan dalam pengambilan kartu anggota perpustakaan. Di dalam perpustakaan bagi para siswa yang ingin mencari buku biasanya mereka akan bertanya kepada petugas dan petugas akan memberikan informasi tentang rak atau keberadaan buku dan Bagi para siswa yang ingin meminjam buku, petugas akan mengisi nama siswa dan buku yang di pinjam di mana di dalamnya juga terdapat tanggal pinjam dan kembali. Dalam proses tersebut terjadi kesalahan seperti contoh siswa yang terkena denda tidak seuai dengan jumlah denda yang di terima atau penulisan petugas dalam transaksi peminjaman dan pngembalian buku yang kadang kurang tepat. Maka di perlukan sebuah system informasi perpustakaan yang untuk mengurangi kesalahan.
References
Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., dan Sagita, S. M. (2018). Pengujian Discovery pada Aplikasi Aktivitas dan Prosedur Berbasis Android dengan Inovasi PhoneGap. STRING (Unit Penyusun Eksplorasi dan Pengembangan Inovasi), 3(2), 206. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048
Dharwiyanti, S., dan Wahono, R. S. (2003). Prolog untuk Membawa Bersama Menampilkan Bahasa (UML). ScienceKomputer.Com, 1–13. http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf
Firman, A. (2016). Kerangka Data Perpustakaan Berbasis Web Elektronik. Perancangan Listrik dan PC, 5(2).
Irawan, A., dan Nujiullah, A. (2015). Kerangka Data Perpustakaan Elektronik di Perguruan Tinggi Serang Raya. Protekinfo, 2(September), 34–39.
Kustiyaningsih. (2011). Kerangka Data Perpustakaan Berbasis Internet Elektronik. Perancangan Listrik dan PC, 5(2), 30.
Resmi, H.N. 2015. (2015). Pengembangan Kerangka Data Perpustakaan Elektronik di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. 1-170. http://eprints.uny.ac.id/33984/1/husain nanda p.pdf
Wartawan. (2015). Merencanakan dan Membangun Sebuah Pilihan Jaringan yang secara emosional mendukung untuk Memutuskan Jenis Hibah yang Menggunakan Knn. Buku Harian Sains dan Inovasi Terapan, 1, 65.
Pressman, dan S, R. (2002). Pendekatan Spesialis Pemrograman Komputer. 2.
Putra, D.W.T., and Andriani, R. (2019). Diikat bersama-sama Mendemonstrasikan Bahasa (UML) dalam Rencana Kerangka Data untuk Aplikasi Angsuran Kompensasi SPPD. TeknoIf Diary, 7(1), 32. https://doi.org/10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39
Rahayu, I.D. (2016). Kerangka Data Perpustakaan Elektronik di Tengah Kajian dan Kemajuan Korespondensi dan Inovasi Data, Surabaya. Teori.
Rouillard. (2018). Penggunaan QR-Code sebagai Media Kemajuan Toko. Pembantu memori, 1, 57.
WARMAN, I., dan RAMDANIANSYAH, R. (2018). Pemeriksaan Relatif dari Eksekusi Kerangka Kerja Administrasi (Dbms) Set Data Permintaan Antara Mysql 5.7.16 Dan Mariadb 10.1. Buku Harian Inovasi, 6(1), 32–41. https://doi.org/10.21063/jtif.2018.v6.1.32-41
ombak. (2010). Penggunaan QR-Code sebagai Media Kemajuan Toko. Pembantu memori, 1, 57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi