Pengembangan E – Modul IPA Terintegrasi Substainable Devolepment Goals (SDGs) untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa pada Topik Tata Surya

Authors

  • Yokbet Badelwaer Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sudi Dul Aji Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Hestiningtyas Yuli Pratiwi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Muhammad Nur Hudha Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Arief Rahman Hakim Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v4i4.8143

Keywords:

E-modul IPA, SDGs, Literasi Lingkungan

Abstract

Tujuan Penelitian pengembangan penghasilan produk E – Modul berbasis Digital dengan SDGs untuk meningkatkan Literasi siswa pada materi Tata Surya. Pengembangan E- Modul berbasis Digital dengan SDGs menggunakan metode 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design dan develop (trianto 2011). Pada tahap define  atau defenfenisian peneliti melakukan analisis kebutuhan awal untuk mengetahui karaktristik E - Modul yang akan dikembangkan. Tahap design atau penrancangan pada tahap ini peneliti malakukan RPP untuk materi Tata Surya yang akan dikembangkan. Kemudian peneliti mendesain E- Modul yang terdiri dari cover/sampul, kata pengantar, daftar isi, tujuan  pembelajaran,Kompetens Inti, Indikator pencapaian Kompetensi Inti (IPK) Pendahuluan, Pada tahap develop atau pengembangan peneliti melakukan validasi  ahli  yang terdiri dari validasi media dan validasi materi dan uji coba kepada guru IPA SMP Negeri 6 Singosari dengan 21 orang siswa kelas VIIC SMP Negeri 6 Singosari. Hasil analisis angket guru IPA nilai rata-rata total dari guru IPA adalah 99.16%  dan Hasil analisis angket siswa nilai rata – rata total dari siswa kelas VIIC adalah 87,95% sedangkan Validasi media yaitu terdiri dari aspek kelayakan desaign, nilai rata – rata total dari validasi media adalah 84,37 % dan validasi materi yang terdiri dari aspek kelayakan isi dan kelayakan bahasa nilai rata – rata total dari validasi materi adalah 78,33%.

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain System Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Afriana, J., A. Permanasari, A. Fitriani. 2016 Terintegrasi SDGs Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreaktif Membuat Bahan Ajar Inovatif Yogyakarta: Diva Press.

Anonim. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Na,Skah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran.

Capraro, M. C. 2015. Digital SDGs: An Integratied Science, Technology Egineering, And Mathematics (STEM) Aprooach (Second Ed). Rotterdam. Sense Publhlshsre.

Diyah Ayu Budi Lestari, Dkk. 2018. Implemenlasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidlkan Fislka Dan Teknologi,

Elfa Firma. 2015. Pengaruh Bahan Ajar Pembelajaran Science Technology Society Terhadap Hasil Belajar Fislka, SNIPS.

Ferywidyastuti, S, 2019. Pengemhangan Buku Ajar Fisika Optik Berbasis Soft Skìlls. Jurnal Sains: STIKES HAKLI Semarang.

Gunawan, Dkk. 2016. Pengaruh Mode! PJBL Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Ateri Alat-Alat Optic. Jurnal Pendidikan. Fisîka Dan Teknologi. Moiser, G., Bradle-Levme. J. Dan Perkins, T. (2013). The Impact of sustainable development goals (SDGs) on STEM Educution Ln High-Need School.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Badelwaer, Y., Dul Aji, S., Pratiwi, H. Y., Hudha, M. N., & Hakim, A. R. (2022). Pengembangan E – Modul IPA Terintegrasi Substainable Devolepment Goals (SDGs) untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa pada Topik Tata Surya. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 4(4), 216–224. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i4.8143

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>