Pengembangan E – Modul IPA Terintegrasi Substainable Devolepment Goals (SDGs) untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa pada Topik Tata Surya
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v4i4.8143Keywords:
E-modul IPA, SDGs, Literasi LingkunganAbstract
Tujuan Penelitian pengembangan penghasilan produk E – Modul berbasis Digital dengan SDGs untuk meningkatkan Literasi siswa pada materi Tata Surya. Pengembangan E- Modul berbasis Digital dengan SDGs menggunakan metode 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design dan develop (trianto 2011). Pada tahap define atau defenfenisian peneliti melakukan analisis kebutuhan awal untuk mengetahui karaktristik E - Modul yang akan dikembangkan. Tahap design atau penrancangan pada tahap ini peneliti malakukan RPP untuk materi Tata Surya yang akan dikembangkan. Kemudian peneliti mendesain E- Modul yang terdiri dari cover/sampul, kata pengantar, daftar isi, tujuan pembelajaran,Kompetens Inti, Indikator pencapaian Kompetensi Inti (IPK) Pendahuluan, Pada tahap develop atau pengembangan peneliti melakukan validasi ahli yang terdiri dari validasi media dan validasi materi dan uji coba kepada guru IPA SMP Negeri 6 Singosari dengan 21 orang siswa kelas VIIC SMP Negeri 6 Singosari. Hasil analisis angket guru IPA nilai rata-rata total dari guru IPA adalah 99.16% dan Hasil analisis angket siswa nilai rata – rata total dari siswa kelas VIIC adalah 87,95% sedangkan Validasi media yaitu terdiri dari aspek kelayakan desaign, nilai rata – rata total dari validasi media adalah 84,37 % dan validasi materi yang terdiri dari aspek kelayakan isi dan kelayakan bahasa nilai rata – rata total dari validasi materi adalah 78,33%.
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain System Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Afriana, J., A. Permanasari, A. Fitriani. 2016 Terintegrasi SDGs Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan.
Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreaktif Membuat Bahan Ajar Inovatif Yogyakarta: Diva Press.
Anonim. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Na,Skah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran.
Capraro, M. C. 2015. Digital SDGs: An Integratied Science, Technology Egineering, And Mathematics (STEM) Aprooach (Second Ed). Rotterdam. Sense Publhlshsre.
Diyah Ayu Budi Lestari, Dkk. 2018. Implemenlasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidlkan Fislka Dan Teknologi,
Elfa Firma. 2015. Pengaruh Bahan Ajar Pembelajaran Science Technology Society Terhadap Hasil Belajar Fislka, SNIPS.
Ferywidyastuti, S, 2019. Pengemhangan Buku Ajar Fisika Optik Berbasis Soft Skìlls. Jurnal Sains: STIKES HAKLI Semarang.
Gunawan, Dkk. 2016. Pengaruh Mode! PJBL Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Ateri Alat-Alat Optic. Jurnal Pendidikan. Fisîka Dan Teknologi. Moiser, G., Bradle-Levme. J. Dan Perkins, T. (2013). The Impact of sustainable development goals (SDGs) on STEM Educution Ln High-Need School.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi