Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Hukum Newton
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8556Keywords:
Pemahaman konsep, APOS, Three tier multiple choiceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep pada materi Hukum Newton menggunakan teori APOS. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain sequential explanatory. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sumberpucung dengan sampel sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep siswa adalah soal three tier multiple choice untuk menganalisis pemahaman konsep yang dimiliki siswa, wawancara singkat, dan dokumentasi untuk mengetahui pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes sebanyak 14 soal. Setiap soal disertakan kolom CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal. Teknik analisis data diawali pengambilan data kuantitatif kemudian data kualitatif. Siswa dibagi menjadi 3 kategori yaitu siswa berkemampuan tinggi, sedang, rendah yang ditinjau dari prestasi belajarnya. Hasil analisis pemahaman konsep secara menyeluruh menunjukkan nilai rata-rata siswa untuk tahap aksi sebesar 67,20, proses 65,14, objek 60,93, dan skema 61,14, hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pemahaman konsep siswa termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 63,6%. Maka dapat disimpulkan siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi maka memiliki prestasi belajar yang tinggi, dan siswa yang memiliki pemahaman konsep rendah memiliki prestasi belajar yang rendah.
References
Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1, 135–144.
Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas Vii SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484–500. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.280
Crogman, H. (2017). Grasping the Interplay between the Verbal Cultural Diversity and Critical Thinking, and Their Consequences for African American Education. Frontiers in Education, 2, 1–16. https://doi.org/10.3389/feduc.2017.00064
Dinnullah, R. N. I., & Ernawati. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Apos Peserta Didik Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(4), 282–299. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6335
Dubinsky, E., & McDonald, M. A. (2001). APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Education Research. Kluwer Academic Publisher, 7(3), 275–282. http://www.springerlink.com/content/v213717886v31357/
Fauziah, S. R., Rismen, S., & Lovia, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Era New Normal. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 45. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i1.4744
Giancoli, D. C. (2005). Physic Principles with application sixth edition (J. Challice (ed.); 6th ed.). Pearson Education, Inc.
Husain, H., Yunus, M., & Jusriana. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Menggunakan Instrumen. Jurnal Chemica, 23, 99–110.
Jufriadi, A., & Andinisari, R. (2020). JITT dengan Penilaian Untuk Pembelajaran: Investigasi dan Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Kinematika. Momentum: Jurnal Pendidikan Fisika 4, 53(2), 94–101. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/mpej.v4i2.4669 Ini
Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(1), 82–89.
Mimi, Y., Sutopo, & Parno. (2019). Pembelajaran Fisika Menggunakan Pemodelan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Newton Gravitasi Dan Hukum Kepler. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(1).
Pramesti, B. T., & Mampouw, H. L. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Peluang Siswa SMP Ditinjau Dari Teori APOS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1054–1063. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.230
Pratiwi, H. Y., Hudha, M. N., Asri, M., & Ahmad, N. J. (2019). Dampak Model Inkuiri Terpandu yang Terintegrasi dengan Peer Instruction terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika. Momentum: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 78–85.
Salsabila, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Setyawan, H. (2020). Fisika: Hukum Newton pada Gerak Lurus. Modul Pembelajaran SMA, 1–38.
Sugiyono. (2011). John W. Creswell, Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014, hlm. 5.
Susdarwati, A. D. (2020). Pemahaman Konsep Mahasiswa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Materi Hukum Newton. 2(1), 1–12.
Vellayati, S., Nurmaliah, C., Sulastri, S., Yusrizal, Y., & Saidi, N. (2020). Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 128–140. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15715
Wardhany, R. P. K. (2014). Media Video Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2301–9794, 1–8.
Windasari, I. Y., Prasetyowati, D., & Shodiqin, A. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Teori Apos pada Materi Barisan Geometri di Kelas XI SMA Negeri 1 Godong. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 417–427. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6664
Yanto, H., & Putra, A. (2020). Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Persepsinya Terhadap Pembelajaran Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di Kelas X Sma Di Kota Padang. Pillar of Physics, 13(1), 105–112.
Zhili, I. N., Jufriadi, A., & Sundaygara, C. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Hukum Kekekalan Energi Menggunakan Model Pembelajaran Student Team ’ s Achievment Division Dengan Formative Assessment. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i1.xxxx
Zulhaini, Halim, A., & Mursal. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 121346.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi