PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

Elisabeth Tai, Akhmad Jufriadi, Hestiningtyas Yuli Pratiwi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah (1) Mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Solving dalam pencapaian prestasi belajar fisika. (2) Mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Problem Solving terhadap prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan posttest-only control design yang terdiri dari dua variable bebas dan satu variable terikat. Variable bebas adalah perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Problem Solving sedangkan variable terikat adalah prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X salah satu SMK Negeri di kota Malang. Penelitian ini menggunakan simple random sampling. Setelah dilakukan random dihasilkan kelas X MM-2 sebagai kelas eksperimen (28 siswa) dan kelas X MM-3 sebagai kelas control (32 siswa). Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan kelas control dengan Problem Solving. Data dikumpulkan dengan soal posttest. Data posttest dianalisis dengan menggunakan statistic ANOVA dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen Problem Based Learning sebesar 78,75 dan kelas kontrol Problem Solving sebesar 72. Selisih nilai rata-rata post-test antara kedua kelas tesebut adalah 6,75. Selain itu uji hipotesis dengan ANOVA hasil yang diperoleh signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 yang berarti  ditolak karena sig. < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan pada mata pelajaran Fisika yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning dengan pembelajarannya yang menggunakan model Problem Solving dan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving.

References

Aedy, Hasan. 2009. Karya agung sang guru sejati. Bandung: Alfabeta.
Ahmadi, Iif Khoiru. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arfiyani, Afrida Yunia. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi Mavcromedia Flash untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-5 SMA. (Online). (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3312). Diakses tanggal 21 September 2016.
Arifin, Zainul. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lestari, Ni Nyoman Sri. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika bagi Siswa Kelas V11 SMP. (Online). (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/indeks.php/jurnal_tp/article/view/297/91). Diakses tanggal 19 September 2016.
Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kotemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sagala, H. S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Toeri Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenade Media.
Susilana, R dan Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Syaiful, S. 2008. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yatim Riyanto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Authors

Elisabeth Tai
albertusadonara@gmail.com (Primary Contact)
Akhmad Jufriadi
Hestiningtyas Yuli Pratiwi
Tai, E., Jufriadi, A., & Pratiwi, H. Y. (2019). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4), 80–86. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.4120

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>