Dampak Pola Berpikir Kritis Mahasiswa pada Kemampuan Literasi Matematika di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v4i4.8159Keywords:
pola berpikir kritis, kemampuan literasi matematika, era new normalAbstract
Adapun penelitian ini bertujuan yaitu mengetahui dampak pola berpikir kritis mahasiswa pada masalah kemampuan literasi matematika di era new normal. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Â Sedangkan teknik pengumpul data dan analisis data yang digunakan berupa data hasil tes, hasil observasi, dan catatan lapangan. Subyek pada penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang berjumlah 30 mahasiswa. Hasil yang diperoleh bahwa dari 3 kelompok mahasiswa dalam menyelesaikan soal diperoleh pola berpikir kritis mahasiswa mencapai 20%, yang artinya tingkat berpikir kritis mahasiswa tergolong rendah. Sedangkan pada kemampuan literasi matematika di era new normal diperoleh sekitar 60%, sehingga kemampuan literasi matematika mahasiswa tergolong masih rendah. Rendahnya pola berpikir kritis dan kemampuan literasi matematika disebabkan oleh berbagai faktor, dan salah satunya yaitu pola belajar mahasiswa yang tadinya cukup belajar dirumah dan menerima informasi yang dilakukan secara daring, secara tidak langsung membuat mahasiswa enggan mencari informasi lebih mendalam tentang materi yang diberikan dan lemahnya kemampuan membaca pada mahasiswa.
References
Abidin,Yunus; Mulyati,Tita, and Yunansyah, Hana. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara. h.107
Anggoro, Bambang Sri, 2016. Analisis Persepsi Peserta didik SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 2.153–166.
As’ari, A. R, Mahmudi, a., & Nurlaelah, E. 2017. Our Protective Mathematic Teacher are Not Critical Thinkers Yet. Journal on Mthematics Education, 8(2), 145-156.
Hasbullah. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Hayat, Bahrul dan Yusuf, Suhendra. 2010. Mutu Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.h.211, n.d.
Kahar, Muhammad Syahrul. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Peserta didik SMA Kota Sorong Terhadap Butir Soal Dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 2, no. 1 (2017): 12.
Lexy J. Meleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Remaja Rosda Karya,h.4
Mujulifah, Fithri. 2015. Literasi Matematis Peserta didik Dalam Menyederhanakan Ekspresi Aljabar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2015).
Noer, Sri Hastuti. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Prosiding.
Normaya, K. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 92-104. Retrieved from http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php./edumat/article/view/634/542.
Prastika, Nia. 2021. Pengaruh Kebijakan New normal di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kelurahan Gunung Sari Kecamatan Rappocini Kota Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/27832-Full_Text.pdf.
Prihartiningsih, Zubaidah, S., & Manahal. 2016. Kemampuan berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Proseding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, (1) 1053-1062.
Sabandar, J. 2008. Pembelajaran Matematika Sekolah dan Permasalahan Ketuntasan Belajar Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana, Nana and Ibrahim. 2007. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algessndo, h64
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, h.2
Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Jurnal FMIPA UPI.
Supriadi, Nanang and Damayanti, Rani. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Lamban Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 1 (2016): 5.
Yulianti, L. 2013. Efektivitas Bahan Ajar IPA Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Journal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 55-57. DOI:http://dx.doi.org/10.15294/jpfi.v9il.2580.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi