ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN GAYA KOGNITIF KELAS VIII SMP NEGERI 1 WELAK KABUPATEN MANGGARAI BARAT

Authors

  • Paskalis Jebarus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • I Ketut Suastika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nur Farida Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.5859

Keywords:

analisis, kesalahan siswa, sistem persamaan linear dua variabel, gaya kognitif

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan gaya kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Welak Kabupaten Manggrai Barat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Welak Kabupaten Manggarai Barat yang menunjukan bahwa masih terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil observasi tersebut peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan gaya kognitif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen tes, pedomaan wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Welak Kabupaten Manggarai Barat yang dikategorikan  siswa dengan gaya kognitif file indepndent dan file depedent. Peneliti menggunakan teknik triangulasi dalam rangka pengecekan keabsahan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya kognitif file independent belum mampu memproses lebih lanjut penyelesaian soal, belum mampu melakukan perhitungan dengan tepat dan juga belum mampu menuliskan jawaban akhir dengan benar. Siswa dengan gaya kognitif file dependent belum mampu mentransformasikan soal kebentuk pemisalan atau dalam model matematika,  tidak mampu menggunakan metode eliminasi, substitusi maupun campuran dan juga belum mampu menuliskan kesimpulan dengan benar. Saran bagi peneliti selanjutnya, dapat mengembangkan permasalahan yang lebih kompleks sehingga diketahui kesalahan dari permasalahan tersebut.

 

 

References

Alfadhilah, F. 2020. Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan SPLDV Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Gaya Kognitif Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Andriyani, A., & Ratu, N. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Berkarakter, (Online), 1(1), 16-22, (https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252), diakses 16 april 2021.
Arifin, S., & Asdar, A. R. 2015. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Efikasi Diri pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMPN 1 Watampone. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, (Online). 3(1), 20-29. (https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1313), diakses 2 Juni 2021.
Astutik, Y., & Nuriyatin, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online). 4(2). (http://jurnal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/jpm/article/view/330), Diakses 11 juni 2021
Hanipa, A., & Sari, V. T. A. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTS Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal On Education, (Online). 1(2), 15-22. (https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.18), diakses 20 April 2021.
Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, (online). 5(1), 105-115. (https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018), diakses 20 April 2021
Jamal, F. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,(Online). 5(2). (https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/198), diakses 3 Juni 2021.
Kurnia Wijaya, Y., & Setyaningsih, N. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistema Persamaan Linear Dua Variabel Berdasar Newman’s Eror Analysis (NEA) Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII (SMP 1 Gatak Sukoharjo, Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammdiyah Surakarta.
Pontoh, S. 2013. Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menerjemahkan Soal Cerita Kedalam Model Matematika dan Penyelesaiannya pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan IPA: Universitas Negeri Gorontalo.
Rahayuningsih, P., & Qohar, A. 2014. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Dan Scaffolding-Nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. (Online), 2(2), 109-116. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7161), diakses 2 Juni 2021
Rohmah, Nailatur., & Khabibah, Siti. 2014. Profil Komunikasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Jenis Kelamin. Jurnnal Ilmiah Pendidikan Matematika. (Online), 2014, 3.2, (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8712), diakses 8 Juli 2021.
Sholihah, U., & Mubarok, D. A. 2016. Analisis Pemahaman Integral Tak Tentu Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) pada Mahasiswa Tadris Matematika (TMT) IAIN Tulungagung. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan. (Online), 14(1), 123-136, (https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/620), diakses 2 Juli 2021.
Utami, A. D. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel). Repository IKIP PGRI Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Bojonegoro.
Wijaya, Y. K., & Setyaningsih, N. 2018. Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yusuf, A., & Fitriani, N. 2020. Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel Di SMPN 1 Campaka Mulya-Cianjur. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. (Online), 3(1), 59-68, (https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3635), diakses 30 April 2021.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Jebarus, P., Suastika, I. K., & Farida, N. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN GAYA KOGNITIF KELAS VIII SMP NEGERI 1 WELAK KABUPATEN MANGGARAI BARAT. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.5859

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>