Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pecahan Berbasis Masalah Untuk Penguatan Literasi Numerasi Mahasiswa PGSD
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v4i4.8253Keywords:
e-modul, berbasis masalah, literasi numerasiAbstract
Literasi numerasi merupakan salah satu dari 6 (enam) literasi dasar yang perlu diberikan kepada siswa. Sebagai calon guru di sekolah dasar, mahasiswa PGSD perlu dibekali dengan kemampuan literasi numerasi. Calon guru yang memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik akan memberikan dampak baik pada penanaman literasi numerasi ketika terjun ke dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul pembelajaran pecahan berbasis masalah untuk penguatan literasi numerasi mahasiswa PGSD yang memenuhi kriteri valid, praktis, dan efektif. Untuk menilai kevaalidan e-modul digunakan Lembar Validasi e-modul. Untuk menentukan kepraktisan e-modul digunakan Angket Respon Mahasiswa. Untuk menentukan keefektifan e-modul digunakan tes. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, e-modul dinyatakan valid. E-modul yang sudah valid diujicobakan untuk menentukan kepraktisan dan keefektifannya. Ujicoba dilakukan pada mahasiswa PGSD yang menempuh matakuliah Pembelajran Bilangan. Berdasarkan hasil Angket Respon yang telah dianalisis diperoleh e-modul memenuhi kriteria kepraktisan. Begitu juga berdasrkan hasil tes, diperoleh e-modul memenuhi kriteria efektif.
References
Căprioară, D. (2015). Problem Solving - Purpose and Means of Learning Mathematics in School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1859–1864. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332
Chen, T. Y., Wei, H. W., Cheng, Y. C., Leu, J. S., Shih, W. K., & Hsu, N. I. (2015). Integrating an e-book Software with Vector Graphic Technology on Cloud Platform. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 1012–1019. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.572
Dore, R. A., Hassinger-Das, B., Brezack, N., Valladares, T. L., Paller, A., Vu, L., Golinkoff, R. M., & Hirsh-Pasek, K. (2018). The parent advantage in fostering children’s e-book comprehension. Early Childhood Research Quarterly, 44, 24–33. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.02.002
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi;, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Kristensen, S. B., Sandberg, K., & Bibby, B. M. (2020). Regression methods for metacognitive sensitivity. Journal of Mathematical Psychology, 94, 102297. https://doi.org/10.1016/j.jmp.2019.102297
Lee, B., Fenoff, R., & Paek, S. Y. (2019). Correlates of participation in e-book piracy on campus. Journal of Academic Librarianship, 45(3), 299–304. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.04.002
Liou, P. Y., & Kuo, P. J. (2014). Validation of an instrument to measure students’ motivation and self-regulation towards technology learning. Research in Science and Technological Education, 32(2), 79–96. https://doi.org/10.1080/02635143.2014.893235
Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1448–1456.
Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An analysis of elementary school students ’ difficulties in mathematical problem solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2012), 3169–3174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728
Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research Part A: An Introduction (pp. 10-51). Enschede, The Netherlands: SLO.
Prendergast, M., Breen, C., Bray, A., Faulkner, F., Carroll, B., Quinn, D., & Carr, M. (2018). Investigating secondary students beliefs about mathematical problem-solving. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 49(8), 1203–1218. https://doi.org/10.1080/0020739X.2018.1440325
Suastika, I. K. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 24–32. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2177
Suastika, I. K., & Triwahyuningtyas, D. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Untuk Pembelajaran Geometri Pada Program Studi Pgsd. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i2.3629
Triwahyuningtyas, D., Mahmuda, N. E., & Santoso, L. R. (2022). Addition and Subtraction of Fractions Module Based Project Based Learning for Students of Elementary School. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(1), 75–84.
Triwahyuningtyas, D., & Suastika, I. K. (2020). Influence inquiry-based geometry e-module for primary school teacher education students. Elementary Education Online, 19(3), 160–166. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.03.113
Wahyuningtyas, D. T., & Suastika, I. K. (2016). Developing of numbers learning module for primary school students by contextual teaching and learning approach. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 33–36. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.264
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi