Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pecahan Berbasis Masalah Untuk Penguatan Literasi Numerasi Mahasiswa PGSD

Authors

  • Dyah Triwahyuningtyas Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • I Ketut Suastika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v4i4.8253

Keywords:

e-modul, berbasis masalah, literasi numerasi

Abstract

Literasi numerasi merupakan salah satu dari 6 (enam) literasi dasar yang perlu diberikan kepada siswa. Sebagai calon guru di sekolah dasar, mahasiswa PGSD perlu dibekali dengan kemampuan literasi numerasi. Calon guru yang memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik akan memberikan dampak baik pada penanaman literasi numerasi ketika terjun ke dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul pembelajaran pecahan berbasis masalah untuk penguatan literasi numerasi mahasiswa PGSD yang memenuhi kriteri valid, praktis, dan efektif. Untuk menilai kevaalidan e-modul digunakan Lembar Validasi e-modul. Untuk menentukan kepraktisan e-modul digunakan Angket Respon Mahasiswa. Untuk menentukan keefektifan e-modul digunakan tes. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, e-modul dinyatakan valid. E-modul yang sudah valid diujicobakan untuk menentukan kepraktisan dan keefektifannya. Ujicoba dilakukan pada mahasiswa PGSD yang menempuh matakuliah Pembelajran Bilangan. Berdasarkan hasil Angket Respon yang telah dianalisis diperoleh e-modul memenuhi kriteria kepraktisan. Begitu juga berdasrkan hasil tes, diperoleh e-modul memenuhi kriteria efektif.

References

Căprioară, D. (2015). Problem Solving - Purpose and Means of Learning Mathematics in School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1859–1864. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332

Chen, T. Y., Wei, H. W., Cheng, Y. C., Leu, J. S., Shih, W. K., & Hsu, N. I. (2015). Integrating an e-book Software with Vector Graphic Technology on Cloud Platform. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 1012–1019. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.572

Dore, R. A., Hassinger-Das, B., Brezack, N., Valladares, T. L., Paller, A., Vu, L., Golinkoff, R. M., & Hirsh-Pasek, K. (2018). The parent advantage in fostering children’s e-book comprehension. Early Childhood Research Quarterly, 44, 24–33. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.02.002

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi;, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Kristensen, S. B., Sandberg, K., & Bibby, B. M. (2020). Regression methods for metacognitive sensitivity. Journal of Mathematical Psychology, 94, 102297. https://doi.org/10.1016/j.jmp.2019.102297

Lee, B., Fenoff, R., & Paek, S. Y. (2019). Correlates of participation in e-book piracy on campus. Journal of Academic Librarianship, 45(3), 299–304. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.04.002

Liou, P. Y., & Kuo, P. J. (2014). Validation of an instrument to measure students’ motivation and self-regulation towards technology learning. Research in Science and Technological Education, 32(2), 79–96. https://doi.org/10.1080/02635143.2014.893235

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1448–1456.

Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An analysis of elementary school students ’ difficulties in mathematical problem solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2012), 3169–3174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research Part A: An Introduction (pp. 10-51). Enschede, The Netherlands: SLO.

Prendergast, M., Breen, C., Bray, A., Faulkner, F., Carroll, B., Quinn, D., & Carr, M. (2018). Investigating secondary students beliefs about mathematical problem-solving. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 49(8), 1203–1218. https://doi.org/10.1080/0020739X.2018.1440325

Suastika, I. K. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 24–32. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2177

Suastika, I. K., & Triwahyuningtyas, D. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Untuk Pembelajaran Geometri Pada Program Studi Pgsd. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i2.3629

Triwahyuningtyas, D., Mahmuda, N. E., & Santoso, L. R. (2022). Addition and Subtraction of Fractions Module Based Project Based Learning for Students of Elementary School. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(1), 75–84.

Triwahyuningtyas, D., & Suastika, I. K. (2020). Influence inquiry-based geometry e-module for primary school teacher education students. Elementary Education Online, 19(3), 160–166. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.03.113

Wahyuningtyas, D. T., & Suastika, I. K. (2016). Developing of numbers learning module for primary school students by contextual teaching and learning approach. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 33–36. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.264

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Triwahyuningtyas, D., & Suastika, I. K. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pecahan Berbasis Masalah Untuk Penguatan Literasi Numerasi Mahasiswa PGSD. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 4(4), 274–281. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i4.8253

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)