PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS 6 SD
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6138Keywords:
Media pembelajaran berbasis android, ADDIE, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis android materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas 6 SD. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media pembelajaran berbasis android ini dinilai kelayakanya oleh 3 validator dengan perolehan rata-rata skor 88,02% yang masuk dalam kategori sangat layak. Penilaian kepraktisan melalui angket guru dan siswa kelas 6 dengan rata-rata skor perolehan 89,65% masuk kategori sangat praktis. Penilaian keefektifan dilihat dari hasil pretest dan postest diperoleh nilai 70,5 masuk kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis android dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan cukup efektif
References
Alrasheedi, M & Luiz, F. . (2014). An Empirical Study Of Critical Succes Factors Of Mobile Learning Platform From The Perpective Of Instructors. Pixom.
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sd/Mi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27. Https://Doi.Org/10.31602/Muallimuna.V3i1.952
Indriastoro, H. A. K., & Rofiq, Z. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Memperbarui Halaman Web Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 208–221.
Karim, A., Savitri, D., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V1i2.17
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 1(2), 191. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V1i2.7504
M. Askari Zakariah, Vivi Afriani, K. M. Z. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R&D).
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. Https://Doi.Org/10.31800/Jtpk.V1n2.P95--105
Mulyasa. (2014). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rusdakarya.
Ramli, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. In E-Conversion - Proposal For A Cluster Of Excellence. Http://Idr.Uin-Antasari.Ac.Id/10306/1/Buku Utuh Media Dan Teknologi Pembelajar-M.Ramli.Pdf
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sadiman. (2011). Media Pendidikan. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatuf, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using The Addie Model To Develop Learning Material For Actuarial Mathematics. Journal Of Physics: Conference Series, 1188, 012052. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052
Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi