PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS 6 SD

Authors

  • Annisa Nurilla Lutfiana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • I Ketut Suastika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nury Yuniasih Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6138

Keywords:

Media pembelajaran berbasis android, ADDIE, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis android materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas 6 SD. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media pembelajaran berbasis android ini dinilai kelayakanya oleh 3 validator dengan perolehan rata-rata skor 88,02% yang masuk dalam kategori sangat layak. Penilaian kepraktisan melalui angket guru dan siswa kelas 6 dengan rata-rata skor perolehan 89,65% masuk kategori sangat praktis. Penilaian keefektifan dilihat dari hasil pretest dan postest diperoleh nilai 70,5 masuk kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis android dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan cukup efektif

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rusdakarya.
Alrasheedi, M & Luiz, F. . (2014). An Empirical Study Of Critical Succes Factors Of Mobile Learning Platform From The Perpective Of Instructors. Pixom.
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sd/Mi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27. Https://Doi.Org/10.31602/Muallimuna.V3i1.952
Indriastoro, H. A. K., & Rofiq, Z. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Memperbarui Halaman Web Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 208–221.
Karim, A., Savitri, D., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V1i2.17
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 1(2), 191. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V1i2.7504
M. Askari Zakariah, Vivi Afriani, K. M. Z. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R&D).
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. Https://Doi.Org/10.31800/Jtpk.V1n2.P95--105
Mulyasa. (2014). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rusdakarya.
Ramli, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. In E-Conversion - Proposal For A Cluster Of Excellence. Http://Idr.Uin-Antasari.Ac.Id/10306/1/Buku Utuh Media Dan Teknologi Pembelajar-M.Ramli.Pdf
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sadiman. (2011). Media Pendidikan. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatuf, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using The Addie Model To Develop Learning Material For Actuarial Mathematics. Journal Of Physics: Conference Series, 1188, 012052. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052
Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2).

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Lutfiana, A. N., Suastika, I. K., & Yuniasih, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS 6 SD . RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 186–196. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6138

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)