Meningkatkan Prestasi Belajar dan Literasi Lingkungan pada Topik Energi melalui Model Discovery Learning Terintegrasi SDGs
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v5i3.9259Keywords:
Model Discovery Learning, SDGs, Prestasi Belajar, Literasi LingkunganAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas implementasi model Discovery Lerning, peningkatan prestasi belajar siswa dan literasi lingkungan siswa pada topik energi bagi siswa VII SMP PGRI O2 Singosari. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 02 Singosari dengan subjek penelitian kelas VII yang berjumlah 33 orang. Jenis dan metode yang di gunakan adalah jenis pendekatan kualitatif dan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi RPP, Lembar Observasi, wawancara, dokumentasi dan soal prestasi belajar (20 soal) Dan angket literasi lingkungan (10 pernyataan). Pada siklus I dan II pembelajaran di lakukan dengan menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian ini menunjukan, Pertama, penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, hal ini dapat dibuktikan dari hasil persentase kualitas keterlaksanaan pembelajaran siklus II sebesar 75,62%. Kedua, penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan nilai prestasi belajar pada siklus II meningkat dari siklus I 77% menjadi 81,60%. Ketiga, model Discovery Learning dapat meningkatkan literasi lingkungan siswa. Hal ini dapat di buktikan hasil persentase literasi lingkungan siswa meningkat dari persentase siklus sebelumnya yaitu 78% menjadi 83,71%. Dari penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning sangat membantu siswa dalam belajar sehingga bisa meningkatkan prestasi belajar dan literasi lingkungan siswa.
References
Dehong, R. (2020). Aanalisis Langkah-Langkah Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajan Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2022).
Eni. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik. Pendidikan Bahasan Dan Sastra, 21(Mi), 5–24.
Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Febriansyah, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 64–73. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i1.18104
Istiana, G. A., S, A. N. C., & Sukardjo, J. . (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA NEGERI 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2017/2018 Galuh. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2), 65–73.
Khasanah, S. (2020). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. Siti Khasinah, 402–410.
Kosanke, R. M. (2019). Analisis Konten Ipa Kurikulum Nasional Dalam Framework Sustainable Development Goals (Sdgs. 1–7.
Kuddus, M. (2019). Peningkatan Sikap Rasa Ingin Tahu dan Peduli Lingkungan dan Kesehatan Menggunakan Model Discovery Learning pada Mahasiswa S-2.
Muliyati, D., Bakri, F., & Ambarwulan, D. (2018). Aplikasi Android Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 74. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10944
Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369
Roza, N. (2020). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Listrik Arus Searah Pada Siswa Kelas XII MIPA 3 Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal on Education, 3(01), 1–13. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.335
Sartono, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Fluida Pada Siswa Kelas Xi Mipa 3 Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 52. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28510
Zulaikha Rokmah, A. N. M. F. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa Smp Pada Sekolah Berkurikulum Wawasan Lingkungan. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 176–181.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi