Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis Etonosains untuk Eksplorasi Pemahaman Konsep dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.9369Keywords:
inkuiri terbimbing, pemahaman konsep, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas proses penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains untuk eksplorasi pemahaman konsep dan meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) pemahaman konsep siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, 3) peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah observasi, tes pilihan ganda dan essay. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP swasta di kota Malang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP. Teknik pengambilan data menggunakan tes pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis Etnosains ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa.
References
Abdurrozak, R., Jayadinata, A.K. & Isrok’atun, 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah.
Aeni, A., Supardi, S. & & Kasmadi, I., 2017. Keefektifan Pembelajaran Praktikum Berbasis Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Laboratorium Siswa. Chemistry in Education.
Aini, I. N. H. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi peluang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 576-581.
Anam, K., 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Jakarta: Pustaka Pelajar.
Asyhari, A. T., Sunarno, W. T., & Sarwanto, S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA.
Damhuri, D. (2020). Penerapan Model Kun, P. Z. (2013). Potret Pembelajaran Fisika Pembelajaran Inkuiri Terstruktur untuk Berbasis Empat Pilar Pendidikan di SMA. sMeningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Kelas IX MTsN 1 Lebong. Jurnal Dan Pendidikan Fisika, 2(1), 246–256.Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A.
Herlanti, Y. (2014). Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains: Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mahasiswa tingkat akhir yang sering muncul dalam penelitian pendidikan sains. Yanti Herlanti.
Hendarwati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri. Pedagogia.
Hindi, A. N. A., Syukriani, A., Elpisah, & Fatwa, I. (2021). Pelatihan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN 3 Takalar. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelsaikan soal pemecahan matematika. Ta,dib, 22(1), 19.
Husin, V. E. R, & Bilik, A. H. (2019). Identifikasi Konsep Fisika pada Kearifan Lokal Anyaman di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika: Fisika Sains dan Aplikasinya.
Indrawati, H., Sarwanto, S.,& Sukarmin, S. (2021). Studi Literatur Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis.
Lewa, I.W.L., Susanto, H. & Marwoto, P. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada siswa SMA jurnal pendidikan fisika dan teknologi.
Munir et al. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Minat Belajar Ipa Sekolah Dasar
Mudanta Arya Kadek, dkk. 2020. Instrumen Penelitian Motitivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Mutia. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas.
Peranti, P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin (Monopoli Fisika Sains) Pada Siswa Sma Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika.
Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperaktif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika.
Putri, R. F., & Jumadi, J. (2017). Kemampuan guru fisika dalam menerapkan model-model pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta kendala-kendala yang dihadapi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.
Rahayu, Setya. 2012. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 5 (3). Juli 2012.
Rasyidah, K., Supeno, & Maryani. (2018). Pengaruh guided inquiry berbantuan Phet simulations terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasaan usaha dan energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember.
Sani, R.A., 2019. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saharsa U, Qadaffi M dan Baharuddin 2018 Jurnal Pendidikan Fisika.
Valentina, & Adira. (2022). Media Mabeta (Magnet Berhitung Matematika) Untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 603.
Yudi Budiarti. (2022).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi