Implementasi Discovery Learning dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aljabar

Implementasi Discovery Learning dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aljabar

Authors

  • Salsabila UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lisanul Uswah Sadieda UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Siti Lailiyah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v7i2.11620

Keywords:

discovery learning, berpikir aljabar, kurikulum merdeka, systematic literature review

Abstract

Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan kompetensi dan kemandirian siswa, sehingga memerlukan model pembelajaran yang mampu mendorong pemahaman konsep secara mendalam. Salah satu pendekatan yang relevan adalah model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau dampak penerapan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa dalam Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan lima langkah sistematis: (1) merumuskan pertanyaan penelitian; (2) memetakan dan menelusuri artikel yang relevan; (3) menyeleksi artikel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi; (4) menyajikan dan mengolah data; serta (5) menginterpretasikan temuan untuk menarik kesimpulan. Enam artikel jurnal nasional yang diterbitkan pada periode 2019–2024 dipilih dan dianalisis melalui pendekatan Systematic Literature Review. Hasil menunjukkan bahwa Discovery Learning berkontribusi positif terhadap peningkatan berpikir aljabar siswa. Beberapa artikel melaporkan adanya peningkatan capaian belajar secara signifikan, sementara artikel lainnya menyoroti efektivitas tahapan Discovery Learning dalam membangun konsep melalui proses eksplorasi secara mandiri. Model ini juga mendukung pembelajaran kolaboratif yang memperkuat nilai gotong royong dalam pengembangan profil pelajar Pancasila.

References

Ayala-Altamirano, C., & Molina, M. (2020). Meanings Attributed to Letters in Functional Contexts by Primary School Students. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(7), 1271–1291. https://doi.org/10.1007/s10763-019-10012-5

Arianti, M., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Bentuk Aljabar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 9301–9309. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13682

Danis, A., & Siregar, S. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pendidikan Karakter Dan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 064981 MEDAN. 9(2).

Farida, I., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Fitriani, D., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29093

Gusteti, Meria Ultra, dan Neviyarni Neviyarni. “PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KURIKULUM MERDEKA.” Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika 3, no. 3 (31 Desember 2022): 636–46. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180.

Hadi, W., & Faradillah, A. (2019). The Algebraic Thinking Process in Solving Hots Questions Reviewed from Student Achievement Motivation. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 327–337. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.5331

Harianti, Ferennita. “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP.” MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology 3, no. 1 (28 Juli 2018): 82. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1611.

Hayati, S. R., & Mulyono, R. (2023). Pemanfaatan Kartu Dalam Menyederhanakan Bentuk Aljabar Melalui Model Discovery Learning. 10.

Janah, M., & Dimas, A. (2021). Kesulitan Guru SMP Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 420-426.

Kemendikbud & Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. ditpsd.kemdikbud.go.id. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Lewa, M. S., Ekowati, Ch. K., & Nada, Y. H. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Al-Hikmah Soe. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(3), 251–265. https://doi.org/10.29303/griya.v4i3.478

Misa, Maria Erniati, Yohanes Ovaritus Jagom, dan Meryani Lakapu. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa,” 2023.

Murni, B. (2020). Penerapan Discovery Learning pada Materi Aljabar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 8(2).

Musyrifah, E., Nurasiah, D., & Hafiz, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme). Algoritma: Journal of Mathematics Education, 5(1), 13–25. https://doi.org/10.15408/ajme.v5i1.32581

Nisa, V. K., Lidinillah, D. A. M., & Apriani, I. F. (2023). Desain Didaktis Bahan Ajar Aljabar untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2804–2817. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2694

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613

Rona Muthi Jauzaa, Nurmitasari, N., & Rahman Cahyadi. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika. Eksponen, 14(1), 40–47. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.1017

Rini, & Desyandri. (2020). Analisis Langkah Model Discovery Learning dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasil Pembelajaran SD. 8 (6): 124-137.

Silma, Uzliva. “Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Model Pembelajaran,” 2018.

Susmiati, Eri. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 7(3), hlm. 211.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Widyaningrum, A. C., & Suparni, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Discovery Learning Pada Kurikulum Merdeka. Sepren, 4(02), 186–193. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.887

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Salsabila, Sadieda, L. U., & Lailiyah, S. (2025). Implementasi Discovery Learning dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aljabar. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 7(2), 120–128. https://doi.org/10.21067/jtst.v7i2.11620

Issue

Section

Articles
Loading...