Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Pada Materi Bilangan Bulat

Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Pada Materi Bilangan Bulat

Authors

  • Kartika Umar Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Buhaerah Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Usman Institut Agama Islam Negeri Parepare

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.6598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa efektif slide rule ketika digunakan dengan materi bilangan bulat. Standar berikut digunakan dalam penelitian ini untuk menilai efektivitas: (1) Setidaknya pada kelompok "sedang", hasil belajar telah meningkat. (3) Mencapai minimal 85% ketuntasan klasikal siswa; (2) Mencapai nilai KKM minimal 70; dan (4) Aktivitas siswa termasuk dalam kategori "cukup". Tes buatan pengajaran yang diperoleh bersamaan dengan teknik tes adalah instrumen yang digunakan, dan metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi dari metode penelitian statistik deskriptif dan inferensial. Menurut temuan penelitian, (1) menggunakan alat bantu pengajaran slide rule meningkatkan hasil belajar, seperti yang ditunjukkan oleh hasil uji-t satu sampel; (2) hasil uji-t satu sampel untuk data posttest menunjukkan bahwa angka p = 0,00. Nilai rata-rata lebih besar dari 76 maka dengan menggunakan alat peraga slide rule nilai KKM meningkat; (3) hasil belajar biologi seluruh siswa kelas V SDN Patampanua Pinrang setelah menggunakan alat peraga slide rule lebih besar dari 65 (KKM) yaitu 74,455 yang menunjukkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal terpenuhi. Hal ini sesuai dengan taraf signifikansi (α) yaitu 0,05 dan p < α.

References

Amalia, R., & Sulistyowati, E. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran dalam Peningkatan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 134-142.

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2017). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Heinich, R., et al. (2019). Instructional Media and Technologies for Learning. New York: Pearson.

Hidayat, W., et al. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 1-10.

Ibrahim, M., & Nur, M. (2016). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Indrawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 45-52.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching. New York: Pearson.

Lestari, H. P., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mukartomah. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar.

Munir. (2017). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

NCTM. (2014). Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. Reston, VA: NCTM.

Permana, E. S., & Fadhilah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 73-84.

Pratiwi, M. A., & Suparman. (2020). Hubungan Kesadaran Pendidikan dengan Partisipasi Belajar. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 56-65.

Rahman, A. (2022). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 88-95.

Ratri, A. P. (2017). Penggunaan Media Bilangan dalam Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika.

Rusman. (2019). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schoenfeld, A. H. (2016). Research in Mathematics Education. Review of Research in Education, 40(1), 497-528.

Setyaningsih, N. (2019). Efektivitas Media Bilangan terhadap Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (2018). Teori Belajar Konstruktivistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatno. (2020). Peran Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 1-10.

Taufan, A. (2017). Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 20-29.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widayaningrum, R. (2018). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Widodo, S. A. (2021). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Konkrit. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 101-114.

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Umar, K., Buhaerah, & Usman. (2025). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Pada Materi Bilangan Bulat. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(4), 343–349. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.6598

Issue

Section

Articles
Loading...