Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Gelombang Bunyi untuk Siswa SMA Kelas XII

Tri Anita Nur Hasanah, Choirul Huda, Maris Kurniawati

Abstract

The 2013 curriculum emphasizes on Scientific Approach taht tie topic with real context. Either learning model that leads to Scientific Approach that is Problem Based Learning (PBL). So that need to prepare appropriate teaching material to support learning model PBL one of them module independent teaching topic for learners. The aim of these research is describe the Learning Module which is developed that is physic learning module based on PBL of the topic sound wave for senior high school grade XII and examine its feasibility. This development research used 4-D Thiagarajan with modified model. This research has been done in three stages such as define, design, and develop which are restricted until the limited try out. The data collection is used questionnaire. The module validation by 4 validators and limited try out to 10 students. The result of research drawn that material aspect is 3,59 with the suitable criterion, presentation aspect is 3,9 with the suitable criterion, language aspect is 3,41 with the suitable criterion, and the limited try out result got 3,6 with an appropriate criterion. In conclusion, physic learning module based on PBL in sound wave material for senior high school grade XII is applicable.

 

Keywords: Physic Learning Module, Problem Based Learning (PBL), Topic sound wave

 

Pada kurikulum 2013 menekankan pada Scientific Approach yang mengaitkan materi dengan konteks dunia nyata. Salah satu model pembelajaran yang mengarah ke Scientific Approach yaitu Problem Based Learning (PBL). Sehingga perlu dipersiapkan bahan ajar yang tepat untuk mendukung model pembelajaran PBL salah satunya modul yang merupakan bahan ajar mandiri bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan modul yaitu modul pembelajaran fisika berbasis PBL pada materi Gelombang Bunyi untuk siswa SMA kelas XII dan menguji kelayakannya.Penelitian pengembangan menggunakan model 4-D Thiagarajan yang sudah di modifikasi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop) yang dibatasi sampa uji coba terbatas. Validasi modul oleh 4 validator dan uji coba terbatas  kepada 10 orang siswa. Dari hasil penelitan diperoleh skor segi  materi sebesar 3,59 dengan kriteria layak, segi penyajian sebesar 3,9 dengan kriteria layak, segi bahasa sebesar 3,41 dengan kriteria layak dan hasil uji coba terbatas mendapat rerata skor sebesar  3,6 dengan kriteria sesuai. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis PBL pada materi Gelombang Bunyi untuk siswa SMA kelas XII layak digunakan.

 

Kata Kunci: Modul Pembelajaran Fisika, Problem Based Learning (PBL), Gelombang Bunyi

References

Arywiantari, D., Agung, A.A.G., Tastra, I.D.K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. E-journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesa.
Chiang & Lee. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology
Depdiknas. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum SMK. Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta : Depdiknas
Harsono. (2005). Pengantar Problem Based Learning Edisi Kedua. Yogyakarta: MEDIKA Fakultas kedokteran UGM.
Mulyasa, E. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: remaja rosdakarya.
Muslich, M. (2010). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Akara
Mutia, B., & Serevina, V.A.S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Problem Based Learning Sebagai Implementasi Scientific Approach Dan Penilaian Authentic. Jurnal Nasional .
Nugraha, D.A., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets, Berorientasi Konstruktivistik. Jounal of Innovative Science Education.
Sagala, S. (2008). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta
Sadgolu, G.P. (2013). 9th grade student s’mental models about the sound concept. International Journal Of Education Research And Tecnology.
Sulistyarini, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Sma Materi Gelombang Bunyi Berbasis Interactive. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang .
Ukoh., E, E. (2012). Determining the effect of problem-based learning instructional strategy on nce pre-service teachers’ achievement in physics and acquisition of science process skills. European Scientific Journal.
Wulandari, W.D. (2015). Pengembangan modul Fisika berbasis Guide Inquiri pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: MIPA Universitas Negeri Malang
Wittmann, C.M. (2003). Understanding and affecting student reasoning about sound waves. Intenational Journal Of Science Education.

Authors

Tri Anita Nur Hasanah
trianita6162@gmail.com (Primary Contact)
Choirul Huda
Maris Kurniawati
Hasanah, T. A. N., Huda, C., & Kurniawati, M. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Gelombang Bunyi untuk Siswa SMA Kelas XII. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 56–65. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1631

Article Details