Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) dengan Metode Tutor Sebaya untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan

Authors

  • Mabruratul Hasanah SMA 2 Pamekasan Madura
  • Khalifatur Rahman

DOI:

https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1632

Keywords:

TGT, Learning Outcomes, Heat and Heat Transfer.

Abstract

This research background of their learning outcomes, student of class X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan who have not yet reached KKM particularly in the field of physics studies. Therefore, the researchers tried to use cooperative learning model TGT method peer tutor in class X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan on the subject Heat and Heat Transfer. The problems of this study are: 1). How completeness of student learning outcomes through the implementation of cooperative learning model TGT method peer tutor in class X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan ?. 2). How the student's activity during the implementation of cooperative learning model TGT method peer tutor in class X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan ?. The purpose of this study is : 1). To Finalising the student learning outcomes through the implementation of cooperative learning model TGT method peer tutors. 2). To determine the students' learning activities during the implementation of cooperative learning model TGT method peer tutors on the subject Heat and Heat Transfer. This research is a classroom action research. The experiment was conducted three cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation, evaluation, and reflection. Subjects were students of class X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan in academic year 2014/2015. The data analysis technique used is descriptive statistics. From the analyst found that the learning outcomes of students from the first cycle to cycle III has reached completeness criteria with a percentage that is, the first cycle (50%), the second cycle (70%), Cycle III (85%) and student activity in accordance with the purpose of learning cooperative. The results of the evaluation of the pretest-posttest is from 10.00% (not exhaustive) to 90.00% (complete). Thus, it can be concluded that the type cooperative learning TGT Method Peer Tutor can complete physics learning outcomes and student activity IPA 6 Class X SMAN 2 Pamekasan on the subject Heat and Heat Transfer.

 

Keywords: TGT, Learning Outcomes, Heat and Heat Transfer.


Penelitian ini berlatar belakang adanya hasil belajar siswa kelas X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan yang belum mencapai KKM hususnya dalam bidang studi fisika. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan metode tutor sebaya di kelas X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan pada pokok bahasan Kalor dan Perpindahan Kalor. Permasalahan penelitian ini yaitu 1). Bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan metode tutor sebaya pada kelas X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan?. 2). Bagaimana aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan metode tutor sebaya pada siswa kelas X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan?.Tujuan Penelitian ini adalah 1). Untuk Menuntaskan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan metode tutor sebaya. 2). Untuk mengetahui Aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan metode tutor sebaya. pada pokok bahasan Kalor dan Perpindahan Kalor. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa dari Siklus I sampai Siklus III sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan persentase yaitu, Siklus I (50%), Siklus II (70%), Siklus III (85%) dan aktivitas siswa telah sesuai dengan tujuan pembelajaran kooperatif. Hasil evaluasi pretes-postes yaitu dari 10,00% (tidak tuntas) menjadi 90,00%(tuntas). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan Metode Tutor Sebaya dapat menuntaskan hasil belajar fisika dan aktivitas siswa Kelas X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan pada pokok bahasan Kalor dan Perpindahan Kalor.

 

Kata Kunci: TGT, Hasil Belajar, Kalor dan Perpindahan Kalor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Retyno, A. (2013). Implementasi metode pembelajaran tutor sebaya terhadap peningkatan prestasi belajar IPA pokok bahasan alat indra. Skripsi Tidak diterbitkan. Malang: UM
Indriani, D. (2011). Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Jogjakarta: diva Press.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suri, M. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) pada Siswa Kelas VIII SMP Raudlatul Muta’allimin Karang Penang Sampang. Skripsi Tidak diterbitkan. Malang: UM.
Muhammad. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajarn Berorentasi Standar Proses Pendidkan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno. (2009). Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Yogyakarta: Global Ilmu.

Downloads

Published

2017-03-31

How to Cite

Hasanah, M., & Rahman, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) dengan Metode Tutor Sebaya untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X IPA 6 SMAN 2 Pamekasan. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 66–82. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1632

Issue

Section

Articles