Pembelajaran Fisika Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dan Proyek Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Main Article Content

Purwandari Purwandari
Andista Candra Yusro

Abstract

Tujuan penelitian: 1). Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek. 2). Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah. 3). Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah. 4). Mengetahui adakah interaksi antara pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. 5). Mengetahui adakah interaksi antara pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. 6). Mengetahui adakah interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. 7). Mengetahui adakah interaksi antara pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2x2. Hasil dari penelitian :1) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan Fobs = 12.208 > Fα = 4,02, 2) Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah dengan Fobs = 7.826 > Fα = 4,02 3) Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kreativitas tinggi dan rendah dengan Fobs = 7.600 > Fα = 4,02 4) Ada interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis dengan Fobs = 4.564 > Fα = 4,02. 5) Ada interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kreativitas dengan Fobs = 8.061 > Fα = 4,02. 6) Ada interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas dengan Fobs = 8.910 > Fα = 4,02. 7) Ada interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas dengan Fobs = 5.122 > Fα = 4,02.

Article Details

How to Cite
Purwandari, P., & Yusro, A. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dan Proyek Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Momentum: Physics Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.21067/mpej.v2i1.2369
Section
Articles

References

Akinoglu, O. (2008). Assessment Of The Inquiry-Based Project Implementation Process In Science Education Upon Students’ Points Of Views. International journal of instruction , 1(1).

Djamarah, S B & Zain.(2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eragamreddy, N.. (2013). Teaching Creative Thinking Skills. Internatonal journal of English language. (1).

Gunn, Thelma M; Grigg, Lance M; Pomahac, Guy A. (2008). Can Bioethical Issues and Questioning Strategies Increase Scientific Understandings. Critical Thinking in Science Education: (42).

Lampert&Nancy. (2006). Enhancing critical thinking with aesthetic, critical, and creative inquiry. Jurnal Internasional. (59)

McMullen & Maureen A.. (2008). Examining Patterns of Change in the Critical Thinking Skills of Graduate Nursing Student. The journal of nursing education.

Li-Fang Zhang. (2013). Contributions of Thinking Styles to Critical Thinking Dispositions. International journal of humanities and social science.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 47 Tahun (2007). Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesa No 22 Tahun (2006). Standart Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Sadeh, I & Zion,M. (2012). Which Type of Inquiry Project Do High School Biology Students Prefer: Open or Guided. Science Business Media. 1 (2).

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendedikan. Jakarta: Preanada media group.

Trna. J. (2012). Implementation Of Inquiry-Based Science Education In Science Teacher Training. Journal of educational and instructional Student In the world (2).

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: Referensi.