Pembelajaran fisika menggunakan inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan proyek ditinjau dari kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa

Authors

  • Purwandari Purwandari Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.21067/mpej.v2i1.2369

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Metode Eksperimen, Kreatifitas, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian: 1). Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek. 2). Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah. 3). Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah. 4). Mengetahui adakah interaksi antara pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. 5). Mengetahui adakah interaksi antara pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. 6). Mengetahui adakah interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. 7). Mengetahui adakah interaksi antara pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2x2. Hasil dari penelitian :1) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan Fobs = 12.208 > Fα = 4,02, 2) Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah dengan Fobs = 7.826 > Fα = 4,02 3) Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kreativitas tinggi dan rendah dengan Fobs = 7.600 > Fα = 4,02 4) Ada interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis dengan Fobs = 4.564 > Fα = 4,02. 5) Ada interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kreativitas dengan Fobs = 8.061 > Fα = 4,02. 6) Ada interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas dengan Fobs = 8.910 > Fα = 4,02. 7) Ada interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas dengan Fobs = 5.122 > Fα = 4,02.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinoglu, O. (2008). ASSESSMENT OF THE INQUIRY-BASED PROJECT IMPLEMENTATION PROCESS IN SCIENCE EDUCATION UPON STUDENTS’ POINTS OF VIEWS. International Journal (Vol. 1). Retrieved from www.e-iji.net

Aktamis, H., & Ergin, Ö. (2008). The effect of scientific process skills education on students’ scientific creativity, science attitudes and academic achievement. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching (Vol. 9). Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/48b6/bcf9168b22e5aa956facc61e74327faf0cdf.pdf

Djamarah, D., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunn, T. M., Grigg, L. M., & Pomahac, G. A. (2008). Critical Thinking in Science Education: Can Bioethical Issues and Questioning Strategies Increase Scientific Understandings? The Journal of Educational Thought (JET) / Revue de La Pensée Éducative. Werklund School of Education, University of Calgary. https://doi.org/10.2307/23767085

Lampert, N. (2006). Enhancing Critical Thinking with Aesthetic, Critical, and Creative Inquiry. Art Education, 59(5), 46–50. https://doi.org/10.1080/00043125.2005.11651611

McMullen, M. A., & McMullen, W. F. (2009). Examining patterns of change in the critical thinking skills of graduate nursing students. The Journal of Nursing Education, 48(6), 310–8. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19552317

Sadeh, I., & Zion, M. (2012). Which Type of Inquiry Project Do High School Biology Students Prefer: Open or Guided? Research in Science Education, 42(5), 831–848. https://doi.org/10.1007/s11165-011-9222-9

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Preanada media group.

Trna, J., Trnova, E., & Sibor, J. (2012). IMPLEMENTATION OF INQUIRY-BASED SCIENCE EDUCATION IN SCIENCE TEACHER TRAINING. Retrieved from http://www.wjeis.org/FileUpload/ds217232/File/23.trna.pdf

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Zhang, L. (2003). Title Contributions of Thinking Styles to Critical Thinking Dispositions. Citation Journal Of Psychology: Interdisciplinary And Applied (Vol. 6). Retrieved from http://hdl.handle.net/10722/53492

Downloads

Published

2018-03-31

How to Cite

Purwandari, P. (2018). Pembelajaran fisika menggunakan inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan proyek ditinjau dari kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. Momentum: Physics Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.21067/mpej.v2i1.2369

Issue

Section

Articles